Perhatikan Hal-hal Berikut


Desain Interior Semarang. – agar kita tidak salah dalam memilih, sebaiknya kita harus mengetahui tipe dasar Kitchen Set Custom mana yang akan kita rencanakan.

tipe dasar Kitchen Set Custom terbagi menjadi 5 tipe ;

  1. Tipe Single Line

    Tipe dasar Kitchen Set Custom ini merupakan solusi untuk Kitchen Set Custom yang memiliki ruangan yang terbatas. Pada layout ini, semua zona aktivitas berada dalam satu garis lurus yang bersandar pada satu sisi dinding. Semua perangkat masak juga terpasang di satu sisi dinding tersebut. Berdasarkan layout, biasanya sink terletak ditengah, diapit oleh kompor dan kulkas. Ruang penyimpanan yang terdapat di kabinet atas dan bawah dirancang dengan cermat agar bisa memiliki kapasitas yang maksimal.Kekurangan dari tipe dasar kitchen set custom ini adalah ruang gerak sangat terbatas, terlebih jika kitchen set custom ini digunakan oleh lebih dari satu orang. Oleh karena itu, agar tipe dasar kitchen set custom ini bisa dengan cermat dirancang, perlu diperhatikan beberapa hal sebagai berikut :

    1. Tersedianya area persiapan yang memadai.
    2. Pemilihan perangkat masak yang tepat baik dari segi ukuran maupun fungsi.
    3. Penataan area storage yang fleksibel dan semaksimal mungkin.
    4. Hindari garis linear yang terlalu panjang, karena akan melelahkan.
  2. Tipe Double Line

    Banyak orang mengira tidak mungkin dapat memasang seperangkat kitchen cabinet pada dapur dengan luas ruangan yang mungil, dapur dengan tipe double line ini maksudnya adalah tipe dapur dengan memanfaatkan koridor di antara dua ruangan, jadi pemanfaatan ruangan adalah pada kiri dan kanan ruangan seperti pada gambar diatas. Layout tipe ini lazimnya dirancang sepanjang dua dinding yang saling berhadapan sehingga tipe ini cocok dimanfaatkan di hunian mungil ataupun apartemen. Pada tipe dasar Kitchen Set Custom ini zona aktivitas terbagi ke dalam du area. Biasanya sink dan kompor berada pada satu area yang sama, sedangkan kulkas berada di area seberangnya. Atau sebaliknya, sink dan kompor diposisikan saling berhadapan. Ruang penyimpanan juga bisa ditemukan di semua area tersebut.Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merancang tipe dasar kitchen set custom ini adalah sebagai berikut ;

    1. Lebar koridor harus cukup luas untuk menampung setidaknya dua orang dewasa bisa berpapasan pada koridor. Jarak minimum yang disarankan adalah 120 cm.
    2. Hindari jarak koridor yang terlalu luas karena bisa melelahkan.


  3. Tipe L

    Ini merupakan tipe yang paling favorit. Pada tipe dasar kitchen set custom ini area sirkulasi yang lapang bagi  penggunaanya bisa diperoleh secara optimal. Tipe dasar Kitchen Set Custom ini pun cocok untuk beberapa ukuran ruang. Sisi panjang untuk tipe L biasanya dirancang untuk area memasak dan sink sekaligus, sedangkan kulkas disisi yang lebih pendek.Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika merancang tipe dasar kitchen set custom ini adalah sebagai berikut :

    1. Sisi panjang tipe L yang terlalu panjang membuat ketiga zona aktivitas harus ditempatkan pada satu sisi tersebut.
    2. Penataan area storage dapat dioptimalkan.
    3. Area sirkulasi harus terjaga kelapanganya.
  4. Tipe U

    Merupakan dapur yang membentuk huruf U, tipe yang paling efektif dalam menampung area storage yang cukup optimal pada ketiga sisinya adalah tipe kitchen set U. Layout tipe dasar kitchen set custom ini terdiri dari tiga area yang biasanya dua atau tiga dari area tersebut bersandar pada dinding. Penataan zona aktivitas pada tipe ini sangat fleksibel, bergantung keinginan penggunanya. Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika merancang tipe dasar kitchen set custom ini adalah sebagai berikut :

    1. Posisi pintu pada ruangan ini harus dicermati agar tidak terjadi tubrukan dengan meja ketika pintu akan dibuka dan ditutup.
    2. Tetap diperhatikan jarak minimal sirkulasi pada lebarnya, yaitu minimal 120 cm.
  5. Tipe Pulau ( Island type )

    Island adalah meja tambahan yang ditempatkan pada salah satu bagian dapur, dekat dengan main table.Fungsi Island adalah sebagai second table. Anda dapat mempersiapkan bahan-bahan sebelum memasak di Island ini. Atau jika Anda ingin lebih “ringkas”, Anda dapat menjadikan Island sebagai meja saji sekaligus tempat makan juga. Namun demikian, tidak semua main table cocok dipadukan dengan Island. Biasanya, main table yang dikombinasikan dengan Island adalah L-Shaped atau U-Shaped Kitchen. Kekurangan tipe dasar kitchen set custom ini adalah cukup menghabiskan ruang dan terkadang menyulitkan ruang gerak.
    yang perlu diperhatikan adalah hal-hal sebagai berikut :

    1. Pola perancangan sangat variatif dan fleksibel.
    2. Island Table juga dapat berfungsi sebagai sekat antara ruang satu dengan ruang lainya.
    3. Pemanfaatan area dibawah Island Table bisa sangat beragam.

 EFRATA INTERIOR
Telp : Denny 62- 85640220094 (WA/ SMS / Tlp)
Email: dennyprawibowo@gmail.com

Leave a comment

Your email address will not be published.