Mengenal Fungsi dan Bagian Kitchen Set


Desain Interior Semarang – Desainer interior yang baik memiliki standar ukuran ideal berdasarkan ilmu ergonomik. Ilmu ergonomik sendiri adalah ilmu yang mempelajari tentang dimensi tubuh manusia. Bukan sekedar model dan warna yang cantik, mendesain kitchen set membutuhkan pengukuran yang matang.

Pada proses perancangan, ukuran kitchen set harus disesuaikan dengan ukuran manusia. Untuk standarisasi, rata-rata tinggi manusia yang digunakan oleh patokan adalah 170cm-180cm. Dengan demikian, tinggi kitchen set tidak boleh lebih 227,5cm. Tujuannya agar orang dewasa tidak kesulitan menjangkau tempat teratas maupun laci terbawah dari kitchen set tersebut.

Bagian-bagian utama kitchen set yaitu

Kabinet – Ini terbagi menjadi dua bagian yaitu Kabinet atas dan Kabinet bawah

Kabinet Atas

Lemari dalam bentuk tertutup atau rak terbuka dengan bagian-bagian yang mampu menyimpan barang untuk keperluan memasak seperti rak piring, cooker hood, barang-barang dengan bobot ringan untuk kebutuhan memasak. Tinggi dan besar kabinet atas menyesuaikan kebutuhan atau model, umumnya tinggi kabinet atas 60cm lebar kabinet 45cm, banyak juga produsen membuatnya dalam bentuk full hingga palfond, tentu sesuai permintaan. Bentuk tertutup dengan pintu, frame kaca atau bentuk terbuka menggunakan beberapa panel penyangga agar mampu menampung beban. Memang tidak terlalu banyak fungsinya oleh sebab itu bisa dibuat model terbuka agar bisa menekan biaya bila pembuatannya secara custom menggunakan jasa furniture maker.

Kabinet Bawah

Fungsi lebih banyak dari kabinet atas karena ini adalah area utama seperti memasak, persiapan memasak, penyajian dan penyimpanan. Lemari multifungsi bentuk lebih besar tinggi 60cm sampai 80cm menyesuaikan postur tubuh sedangkan lebar 60cm tertutup, pada bagian atas menggunakan bahan tertentu agar nyaman. Bagian kabinet ini dapat menyimpan peralatan lebih banyak juga mampu menampung beban lebih berat, tabung gas, peralatan memasak besar pun dapat disimpan didalamnya.

Table Top – top table adalah bagian yang paling sering kita gunakan. Apa itu top table? Top table adalah permukaan kitchen set yang biasa kita gunakan untuk menyiapkan bahan masakan/makanan. Biasanya top table kitchen set terbuat dari Granit, Solid Surface, Kayu, Keramik, dan sebagainya, tetapi itu semua tergantung kepada kebutuhan masing-masing pengguna. Top table biasanya diletakkan dekat kompor agar mudah diakses. Panjang table top menyesuaikan kebutuhan, jika untuk memasak sehari-hari dibutuhkan sekitar 60 – 100 cm. Jika sekedar untuk pantry, cukup 30 – 50 cm.

Sink

 

fungsi sink ini untuk mencuci bahan makanan dan alat masak, ada dua jenis sink yang umum dipasaran, 1 bak dan 2 bak dengan ukuran beragam. Sebelum memilih, sesuaikan dengan kebutuhan serta besaran ruang. Tinggi ideal permukaan atas sink 80 – 90 cm.

Kompor

menurut energinya ada tiga jenis kompor,yaitu kompor gas, listrik, dan induksi.  Yang termodern adalah kompor induksi karena pemasangannya menggunakan medan magnet listrik. Permukaan kompornya terbuat dari bahan kaca gelap yang tertanam dalam kabinet, bentuknya simple elegan. Sementara itu, menurut bentuknya ada tiga jenis, yaitu kompor portable, free standing, dan kompor tanam,kompor tanam ini yang sering digunakan karena menyatu dengan kitchen set dan permukaan rata sehingga mudah dibersihkan.

Cooker Hood

 

Kepulan asap dan aroma masakan yang terjebak di dalam dapur membuat dapur menjadi terasa pengap, apalagi jika dapur minim ventilasi udara. Cooker hood, salah satu perangkat dapur yang mampu menghisap asap dan bau tak sedap. Asap yang dihasilkan dari proses memasak akan dihisap melalui cerobong asap dan dikeluarkan ke ruang luar, sehingga udara di dalam ruangan tetap bersih dan segar.

Apabila anda membutuhkan bantuan profesional untuk konsultasi membuat kitchen set anda tampil dengan desain gaya yang anda inginkan, kami bisa membantu anda untuk mewujudkannya dan mencegah pembengkakan biaya serta ketidak sesuain hasil kerja dapat menghubungi kami Desain Interior Semarang.

 EFRATA INTERIOR
Telp : Denny 62- 85640220094 (WA/ SMS / Tlp)
Email: dennyprawibowo@gmail.com

 

Leave a comment

Your email address will not be published.