Tips Sebelum Libur Panjang


Libur panjang akan tiba
Banyak hal yang perlu kita persiapkan sebelum libur panjang. Dalam artikel kali ini, Efrata, Kontraktor Bangunan Semarang akan berbagi beberapa tips menjelang libur panjang.

Ketika Anda meninggalkan rumah terlalu lama, apalagi jika Anda tak memiliki asisten rumah tangga. Tentunya membuat ruangan di dalamnya menjadi berdebu. Tak ingin kan.. ketika pulang liburan malah kondisi rumah berdebu dan kotor. Untuk itu, cobalah beberapa trik ini sebelum libur panjang.

Renovasi kecil

Percantik rumah agar tetap terlihat rapi sekaligus membuat kondisinya tetap awet.

Seperti, cek kondisi atap, pastikan tak ada yang bocor, jika mendadak hujan deras saat Anda tak ada di rumah hingga beberapa hari, perhatikan talang air dan pastikan tak ada sampah di dalamnya yang berpotensi membuat rumah bocor.

Gunakan antirayap untuk peralatan rumah berbahan kayu. Anda tentu tak mau kayu-kayu di rumah menjadi rapuh gara-gara rayap.

Pangkas tanaman

Sebelum pergi, pangkas tanaman yang ada di halaman Anda. Pastikan rumput sudah pendek, begitu pula dengan tanaman yang daunnya cepat rimbun. Jika halaman ditinggalkan begitu saja tanpa dipangkas, halaman tersebut akan menjadi rumah yang nyaman bagi hewan liar, seperti tikus, bahkan ular.

Cuci mobil Anda

Meski Anda tidak menggunakan mobil saat liburan, membiarkan mobil dan carport dalam keadaan kotor hanya akan membuat mobil cepat rusak. Kotoran pun akan menempel di badan mobil dan merusak catnya. Cuci mobil sehari sebelum pergi, vacuum jok dalamnya, copot kabel sambungan akinya, dan bersihkan carportAnda.

Kerja ekstra

Sewalah jasa kebersihan online, mintalah dia mengerjakan seluruh tugas rumah sebanyak mungkin. Bersihkan seluruh sudut rumah, lap meja, kursi, dan atas lemari, cuci semua peralatan dapur dan perabotan rumah lainnya termasuk seprai, tirai, karpet, dan sarung sofa. Bersihkan jendela, lantai,  kamar mandi, serta seluruh wastafel di rumah Anda. Jemur ranjang, bantal, dan sofa Anda agar bebas kutu.

Lakukan efisiensi

Jaga kebersihan rumah agar tak lagi kotor usai dibersihkan. Atur pemakaian baju seperlunya agar Anda tak meninggalkan baju kotor terlalu banyak saat rumah ditinggal mudik. Baju kotor hanya akan membuat rumah semakin beraroma tak sedap.

Keluarkan tanaman yang biasanya Anda letakkan di dalam rumah agar tetap terkena cahaya matahari dan air hujan.

Cek isi kulkas

Bekukan semua makanan agar Anda cukup memanaskannya saat ingin makan. Tapi, saat Anda siap berangkat, pastikan tak ada lagi makanan siap saji di dalam kulkas Anda.

Kulkas pun harus dalam keadaan bersih, karena sisa makanan yang membusuk atau menempel di bagian dalamnya akan membuat kulkas bekerja lebih keras untuk mendinginkan makanan itu, hal ini jelas boros listrik.

Bungkus perabotan Anda

Untuk menghindari debu, lapisi beberapa perabotan dengan plastik atau kain besar. Pastikan peralatan rumah tangga berbahan kain, seperti karpet, seprai, dan sarung bantal ada di dalam lemari, karena mudah lembap dan berdebu jika dibiarkan di luar tempat penyimpanan.

Bersihkan rumah saat Anda kembali

Saat Anda pulang kembali, bersihkan rumah dengan menyapu dan mengepel lantainya. Jika Anda membungkus perabotan sebelum berangkat, perabotan tidak akan berdebu. Jangan menempatkan pakaian kotor ke dalam keranjang, melainkan langsung cuci atau masukkan ke laundry.

Melayani:
Jasa kontraktor bangunan di semarang
Jasa kontraktor di semarang
Jasa Arsitek di Semarang

www.efratainterior.com

EFRATA INTERIOR
Telp : Denny 62- 85640220094 (WA/ SMS / Tlp)
Email: dennyprawibowo@gmail.com

Leave a comment

Your email address will not be published.