Tips desain rumah mungil


Hunian yang nyaman, tidak harus terpaku oleh luasnya bangunan yang dimiliki, dengan luas bangunan kurang dari 27 meter persegi, rumah kecil ini dinilai sangat sesuai bagi mereka yang mendambakan gaya hidup sederhana dan mulai trend di kalangan mancanegara. popularitas konsep hunian minimalis hingga saat ini belum tertandingi dan gayanya yang semakin unik-unik, di bawah ini beberapa referensi untuk anda :

0496a64c_original

Bayside Bungalow  – Washington

_dsc2667_hdr bayside-bungalow-7

Desain yang cukup kuno, rumah tersebut lengkap fasilitas rumah seperti pada umumnya. Rumah tersebut dinilai sangat nyaman karena terletak di samping danau dan dikelilingi oleh hutan;

 

the-smallest-houses-around-the-world-8

Rumah dengan gaya “hi-tech” ini berada di Tokyo.

the-smallest-houses-around-the-world-8a

Rumah kecil ini dibangun diatas sepetak tanah yang kecil dan berbentuk segitiga. Lantai bawah digunakan untuk kamar tidur dan kamar mandi, lantai kedua untuk ruang tamu/ruang keluarga dan dapur sedangkan bagian loteng khusus untuk anak-anak.

 

sakasa-1

Rumah makan Sakasa – Jepang

Didirikan tahun 1998 di Distrik Nagano, Kota Matsumoto, model arsitektur tersebut berhasil membuat orang-orang untuk berkunjung ke restoran, ini merupakan model arsitektur rumah terbalik yang pertama di dunia. Restoran ini tetap mempertahankan furniturnya di bawah, sesuai gravitasi bumi. Tentu saja, bagaimana mereka bisa memasak dan makan jika harus terbalik. Tetapi, beberapa pernak-pernik terlihat terbalik, seperti ember yang dijadikan cover lampu di langit-langit. Tulisan pada billboard dan tempat sepeda yang terbalik juga menciptakan suasana unik bagi para pengunjungnya.

 

20150410163853-3-rumah-dari-barang-bekas-001-kun-sila-ananda

Rumah ramah lingkungan – Scott Brooks

20150410163853-2-rumah-dari-barang-bekas-002-kun-sila-ananda 20150410163854-4-rumah-dari-barang-bekas-001-kun-sila-ananda

pria asal Washington tersebut mengaku ingin membangun rumah yang mungil dan nyaman, setelah bepergian selama dua tahun ke beberapa pelosok dunia, pria ini berhasil membuat rumah yang nyaman hanya dengan biaya 66 juta saja, rumah tersebut berukuran 25 meter persegi. Rumah tersebut dirancang oleh temannya, sementara interiornya dirancang oleh Brooks sendiri, interior rumah kecil ini cukup efisien, ruang tengah yang digunakan untuk bersantai ternyata juga sekaligus digunakan sebagai tempat tidur dengan ranjang yang terlipat ke dinding. Selain itu, tempat bekerja juga merangkap sebagai tempat memasak dan ada banyak tempat menggantungkan benda di dinding. Rumah ini ramah lingkungan dan cukup nyaman untuk ditinggali lho

Secara kasat mata, rumah atau rumah makan dengan luas bangunan kurang dari 27 meter persegi tersebut hanya seluas ruangan tamu pada umumnya, namun siapa sangka ternyata rumah tersebut dilengkapi dengan fasilitas perlengakan di dalam rumah. Semua itu juga tak lepas dari jasa arsitek yang ikut serta dalam membangunnya dan berikut beberapa tips desain untuk rumah mungil anda

  1. Atap yang tinggi

Rumah mungil yang menggunakan luas tanah yang tidak terlalu luas menyebabkan ruang rumah juga tidak terlalu besar dan untuk memberikan kesan rumah luas maka bisa membuat atap rumah yang lebih tinggi hal membuat suasana menjadi lebih seperti di rumah yang berukuran luas.

  1. Kurangi sekat

Penyekatan ruangan pada sebuah rumah menjadikan rumah tersbut terkesan sempit, oleh karena itu kurangilah sekat antar ruangan.

  1. Pewarnaan

Agar terkesan lebih mewah maka kita bisa memilih warna cat tembok yang terang.

  1. Cahaya

Pencahayaan pada rumah sangatlah penting selain untuk kenyamanaan pencahayaan dari luar juga bisa membuat rumah menjadi lebih sehat dan terlihat lebih luas. Seperti rumah milik Scott Brooks, dia bisa mendapatkan pencahayaan alami yang sangat baik dengan jendela lebar di depan rumah dan langit-langit.

  1. Furniture yang tepat

Karena keterbatasan ruangan maka interior seperti kursi, rak buku, meja dan lainnya harus di sesuaikan dengan luas dari rumah mungil tersebut.

jika anda bertempat tinggal di daerah Semarang dan ingin membangun rumah seperti contoh di atas, kami jasa arsitek semarang bisa mewujudkannya apalagi di semarang belum ada bangunan rumah seperti itu kan?

 EFRATA INTERIOR
Telp : Denny 62- 85640220094 (WA/ SMS / Tlp)
Email: dennyprawibowo@gmail.com

Leave a comment

Your email address will not be published.