Konstruksi dan Struktur Bangunan


Kontraktor Bangunan di Semarang – Konstruksi bangunan berarti suatu cara atau teknik membuat/mendirikan bangunan agar memenuhi syarat kuat, awet, indah, fungsional dan ekonomis. Konstruksi bangunan terdiri dari bagian-bagian yang saling mendukung satu sama lain. Masing-masing bagian bangunan tersebut memiliki karakteristik tersendiri karena memang dibuat untuk tujuan tertentu.

Pada dasarnya, bagian-bagian konstruksi bangunan meliputi bangunan bawah dan bangunan atas. Untuk keberhasilan pelaksanaan proyek konstruksi, perencanaan yang efektif sangatlah penting, faktor yang harus diperhatikan dalam  perencanaan bangunan:

  1. Estetika, sebagai dasar keindahan dan keserasian bangunan yang mampu memberikan rasa bangga kepada pemilknya.
  2. Fungsional, disesuaikan dengan pemanfaatan dan penggunaannya sehingga dalam pemakaiannya dapat memberikan kenikmatan dan kenyamanan.
  3. Struktural, mempunyai struktur yang kuat dan mantap yang dapat memberikan kenikmatan dan kenyamanan.
  4. Ekonomis, pendimensian elemen bangunan yang proporsional dan penggunaan bahan bangunan yang memadai sehingga bangunan awet dan mempunyai umur pakai yang panjang.

Hal ini terkait dengan rancang-bangun (desain dan pelaksanaan) infrastruktur yang mempertimbangkan mengenai dampak pada lingkungan / AMDAL, metode penentukan besarnya biaya yang diperlukan / anggaran, disertai dengan jadwal perencanaan yang baik,keselamatan lingkungan kerja, ketersediaan material bangunan, logistik, ketidaknyamanan publik terkait dengan yang disebabkan oleh keterlambatan persiapan tender dan penawaran,

KONTRUKSI BAGUNAN ANTARA LAIN

  1. PONDASI BANGUNAN

pondasi ini berfungsi sebagai penopang bangunan yang ada di atasnya dan ini bertujuan untuk diteruskan secara bertahap dan merata ke lapisan tanah.

  1. PONDASI TIANG PANCANG

Pondasi tiang pancang bentuknya panjang dan langsing yang menyalurkan beban ke tanah yang lebih dalam, Bahan utama dari tiang adalah kayu, baja (steel), dan beton

  1. SLOOF

Struktur bangunan yang terletak di atas pondasi bangunan, ini biasanya dibuat pada bangunan rumah atau gedung, dan posisinya pada lantai 1. Fungsi sloof sendiri untuk memikul beban dinding, sehingga dinding berdiri pada beton yang kuat, sehingga tidak terjadi penurunan dan pergerakan yang bisa mengakibatkan dinding rumah menjadi retak dan pecah.

  1. KOLOM

Kolom adalah batang tekan vertikal dari rangka struktur yang memikul beban dari balok, Fungsi kolom adalah sebagai penerus beban seluruh bangunan ke pondasi. Bila diumpamakan, kolom itu seperti rangka tubuh manusia yang memastikan sebuah bangunan berdiri.

  1. KONSTRUKSI DINDING BANGUNAN

Dinding merupakan salah satu elemen bangunan yang berfungsi memisahkan/ membentuk ruang, Dinding dapat dibuat dari bermacam-macam material sesuai kebutuhannya, antara lain :

  1. Dinding batu buatan : bata dan batako
  2. Dinding batu alam/ batu kali
  3. Dinding kayu: kayu log/ batang, papan dan sirap
  4. Dinding beton (struktural – dinding geser, pengisi – clayding wall/ beton pra cetak)
  5. LANTAI

Lantai adalah bagian bangunan berupa suatu luasan yang dibatasi dinding-dinding sebagai tempat dilakukannya aktifitas sesuai dengan fungsi bangunan.

Persyaratan lantai meliputi aspek teknis dan ekonomis :

  • Lantai harus mempunyai kekuatan yang mencukupi untuk mendukung beban

Tumpuan pada dinding / balok harus mencukupi untuk menyalurkan beban sehingga sekaligus dapat memperkaku struktur bangunan

  • Lantai harus mempunyai masa yang cukup untuk meredam getaran dan mencegah pemantulan suara
  • Porositas lantai harus tetap mampu menjadi isolasi pertukaran suhu dan kelembaban
  • Bahan penyusun lantai dapat dipasang dengan cepat
  • Lantai setelah berfungsi hanya memerlukan perawatan minimal.
  • Lantai harus awet, dapat terus berfungsi seiring dengan umur rencana bangunan
  1. PELAT LANTAI (FLOOR PLATE)

Pelat lantai adalah struktur bangunan yang bukan berada di atas tanah secara langsung. Artinya pelat lantai merupakan lantai yang terletak di tingkat dua, tingkat tiga, tingkat empat, dan seterusnya. Pembuatan struktur pelat lantai harus memperhatikan ukuran ketebalan pelat tersebut,  faktor-faktor yang mempengaruhinya antara lain besar lendutan yang diijinkan, lebar bentangan atau jarak antar-balok pendukung, dan bahan material yang digunakan.

  1. RANGKA ATAP BANGUNAN

merupakan komponen bangunan yang sangat penting karena berfungsi sebagai struktur yang menopang material penutup atap. Secara garis besar terdapat beberapa material yang paling sering digunakan sebagai material rangka atap, yaitu : kayu, beton, baja profil, dan baja ringan.

Struktur bangunan adalah komponen penting dalam arsitektur, Maka fungsi dari struktur ialah untuk melindungi suatu ruang tertentu terhadap iklim, bahaya-bahaya yang ditimbulkan alam dan menyalurkannya semua macam beban ke tanah.

BAHAN-BAHAN UNTUK STRUKTUR BANGUNAN

  1. Batu Alam dan Bata Buatan

3094278_gabionbatubelah

bahan yang tertua dipakai manusia sejak mulai membangun rumah dan gedung-gedung pada jaman dahulu

  1. Kayu

harga-kayu

Kayu merupkan hasil hutan dari sumber kekayaan alam, merupakan bahan mentah yang mudah diproses untuk dijadikan barang sesuai kemajuan teknologi. Kayu memiliki beberapa sifat sekaligus, yang tidak dapat ditiru oleh bahan-bahan lain, bahan konstruksi sejak jaman dahulu, kayu dimanfaatkan juga sebagai bahan penghias interior.

  1. Baja

1384148212_565138792_2-jual-besi-bahan-bangunan-jakarta

bahan bangunan yang sangat diperlukan sekali baik sebagai struktur utama maupun sebagai pendukung tambahan dalam beton bertulang, baja adalah Paduan logam yang tersusun dari besi sebagai unsur utama dan karbon sebagai unsur penguat, Unsur karbon inilah yang banyak berperan dalam peningkatan performan.

  1. Beton

panellantaibeton-slider01

Penggunaan beton sebagai bahan bangunan/material konstruksi sangat umum digunakan baik untuk struktur rumah tinggal, gedung bertingkat, dan berbagai macam infrastruktur yang lain.

Jasa Kontraktor Bangunan di Semarang sudah paham betul tentang semua itu. maka jangan ragu lagi untuk mempercayakan proses bangunan anda kepada kami.

 EFRATA INTERIOR
Telp : Denny 62- 85640220094 (WA/ SMS / Tlp)
Email: dennyprawibowo@gmail.com

Leave a comment

Your email address will not be published.