Warna untuk Kamar Tidur (Bedroom)


Banyak orang biasanya memilih warna cat kamar tidur mereka dengan warna yang sesuai dengan seleranya masing-masing. Seperti kamar tidur wanita yang identik dengan warna-warna terang seperti pink atau merah, dan kamar tidur pria yang khas dengan penggunaan warna-warna gelap yakni abu-abu dan hitam. Nah, dalam artiket kali ini, Efrata interior akan membahas Efek warna cat kamar tidur yang berpengaruh terhadap kualitas tidur pengguna.

Hal ini sebelumnya telah diteliti pada 2000 orang di Inggris dan tidur di kamar yang memiliki warna berbeda. Artikel yang dikutip dari Balkonie.com berikut ini akan menjelaskan beberapa warna yang paling memberikan kualitas tidur terbaik hingga warna yang harus dihindari. Berikut untuk ulasannya

 

Warna Biru

Percaya atau tidak, pemilik kamar dengan cat berwarna biru biasanya memiliki kualitas tidur yang lebih baik dan memiliki jam tidur yang lebih lama dari kamar dengan warna lainnya. Berdasarkan penelitian, orang yang memiliki kamar dengan dinding berwarna biru dapat tidur hingga 7 jam 52 menit. Secara ilmiah, hal ini dijelaskan karena reseptor khusus pada retina mata yang disebut dengan ganglion paling sensitif terhadap warna biru. Sel ini juga yang bertugas menyampaikan informasi ke otak Anda yang mengontrol tubuh Anda selama 24 jam. Selain itu, warna biru juga identik dikaitkan dengan perasaan tenang.

blue kids bedroom

Kuning dan Hijau

Warna kedua yang dinilai mampu menghasilkan kualitas tidur yang baik adalah warna kuning dan juga hijau. Kedua warna ini berdasarkan penelitian mampu memberikan waktu tidur hingga 7 jam 40 menit untuk warna kuning dan 7 jam 36 menit untuk warna hijau. Kedua warna ini dinilai sebagai warna yang menenangkan sehingga dapat memberikan rasa tenang dan meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, pilihan warna-warna terang juga memang disarankan untuk digunakan di kamar tidur untuk kualitas tidur yang lebih baik.

 

interior apartemen

 

 

Abu-abu dan Cokelat

Dalam memilih warna cat untuk kamar tidur Anda, hindari warna-warna gelap dan cenderung suram seperti warna abu-abu dan cokelat. Menurut penelitian, hal ini dapat mengurangi waktu tidur Anda dan menurunkan kualitas tidur Anda. Berdasarkan penelitian, kamar tidur dengan warna abu-abu hanya dapat memberikan jam tidur selama 6 jam 12 menit dan 6 jam 5 menit untuk warna cokelat.

Master Bed Room

Master Bed Room

 

 

 

Ungu

Berdasarkan penelitian, warna yang paling tidak cocok untuk digunakan di  kamar tidur adalah warna ungu. Warna ungu ini memberikan kontribusi untuk kualitas tidur yang paling sedikit. Berdasarkan penelitian, kamar dengan warna cat ungu hanya memberikan waktu tidur sebanyak 5 jam 56 kepada orang yang tidur disana. Hal ini dikarenakan oleh warna ungu yang cenderung terkait dengan hal-hal yang dapat meningkatkan kreativitas dan kecerdasan. Menurut pendapat Konsultan Terapi warna dan Desain Interior Holistik, Suzy Chiazzari, ungu adalah warna yang bisa merangsang kreativitas dan pikiran bawah sadar. Bagi Anda pencinta warna ungu, sebaiknya hindari penggunaan warna ungu di kamar Anda!

www.efratainterior.com

Melayani:
• Desain dan Kontraktor Interior Jakarta
• Desain dan Kontraktor Interior Bali
• Desain dan Kontraktor Interior Surabaya
• Desain dan Kontraktor Interior Semarang
Untuk info lebih lanjut, hubungi kami di:
Cp. Denny
0856 4022 0094 (WA/tlp/sms)

Free konsultasi

Leave a comment

Your email address will not be published.