Pemilihan Lantai Untuk Rumah Minimalis


Jasa Kontraktor Bangunan Semarang Lantai adalah salah satu elemen interior yang paling penting dalam sebuah bangunan. Baik untuk hunian, kantor, restoran, cafe, dan lainnya. Oleh karena itu pemilihan material lantai harus selalu dipertimbangkan dengan baik sesuai dengan fungsi dan cara pemakaiannya. Contohnya untuk restoran atau kantor pastinya harus digunakan yang lebih kuat dan tahan lama dibandingkan dengan lantai rumah. Alasannya? Karena kantor dan restoran merupakan ruangan publik jadi tentunya lebih banyak orang yang berjalan di atasnya. Bandingkan dengan rumah tinggal yang ditinggali hanya beberapa orang saja. Tentunya kekuatan lantai harus lebih ditingkatkan di ruangan yang merupakan ruangan publik. Saat ini umumnya ada 3 jenis lantai yang digunakan di sebuah bangunan yaitu lantai keramik, kayu, atau granit. Apa saja perbedaannya dan keuntungan kelemahan masing-masing material? Berikut ini kami menjabarkannya lengkap untuk Anda.

Lantai kayu 

adalah lantai favorit yang sekarang semakin banyak digunakan di mana-mana. Lantai kayu terbagi menjadi 2 yaitu lantai kayu alami dan olahan. Lantai kayu merupakan lantai yang bisa memberikan efek kehangatan pada ruangan jadi paling sering digunakan pada rumah huni. Selain karena harganya yang tergolong mahal, lantai kayu paling rentan terhadap goresan dan mudah terbakar, serta menyusut dan memuai terhadap cuaca. Untuk rumah, pilih material kayu yang kuat dan tahan lama serta jangan lupa untuk memberikan coating sebagai pelindung kayu.

 

Lantai Keramik

Jenis lantai ini sangat lazim digunakan. Keramik punya fleksibilitas pakai tinggi dan dapat diaplikasikan pada hampir seluruh bagian rumah. Selain kuat, lantai rumah dari bahan keramik juga tidak membutuhkan pemolesan dan mudah dalam perawatannya. Kesan material keramik adalah hangat. Saat ini beragam tekstur keramik yang dijual di pasaran, yang secara visual mirip dengan jenis material lain. Misalnya: keramik bertekstur marmer, granit, kayu, batu, bata dan sebagainya.

 

Lantai Granit

Granit memiliki pori-pori yang lebih rapat, sehingga memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk dimasuki air dan kotoran. Granit memiliki kesan dingin dan berkesan kokoh. Batuan granit diperoleh dari bukit atau gunung granit. Namun sejalan dengan perkembangan teknologi, saat ini juga telah disediakan granit buatan dengan motif yang lebih beraneka dan harga yang lebih murah.

Jika anda memiliki hunian rumah dengan lahan yang tidak begitu besar,dan ingin terlihat luas di setiap ruangannya,anda bisa menerapkan tips berikut untuk hunian rumah anda :

 Memilih Warna Keramik
Keramik mempunyai banyak pilihan warna dan coraknya, pilih warna dan corak yang kita sukai. Dan yang perlu diketahui adalah warna keramik memiliki peranan yang besar untuk mengubah tampilan dekorasi ruangan dalam rumah. Warna terang akan memberikan kesan luas dan sedangkan warna gelap akan memberikan kesan yang sempit dalam ruangan.

Memilih Ukuran Keramik

sesuai ukuran keramik dengan ukuran ruangan, karena ruangan kecil akan lebih baik jika memakai ukuran keramik yang kecil karena akan mimiliki kesan yang bagus daripada menggunakan keramik yang besar pada ruangan yang kecil akan memberikan kesan yang memaksakan.

Memilih Pola Keramik
Perhatikan juga pola keramik yang akan digunakan, pola yang mengkilap dan berkaca memang pola keramik seperti itu sangat bagus untuk digunakan akan tetapi akan membuat lantai rumah terasa sangat licin dan membahayakan. Pilihlah pola keramik yang agak kasar namun tetap terang.

Cara Merawat Keramik
Walaupun keramik memiliki sifat yang awet dan tahan lama, namun juga perlu diperhatikan dan merawatnya dengan baik. Merawat dengan selalu menjaga kebersihannya. Bila terdapat tumpahan atau kotoran apapun segeralah bersihkan menggunakan sabun atau dengan menggunakan pembersih lantai keramik yang khusus yang telah banyak beredar di pasaran.

 

Ingin memiliki desain interior apartement anda dengan tampilan yang stylish dan mengagumkan? mendesain sendiri dan berkomunikasi langsung dengan desainer terbaik kami, langsung saja hubungi kami jasa desain interior semarang yang akan siap membantu anda.

 EFRATA INTERIOR
Telp : Denny 62- 85640220094 (WA/ SMS / Tlp)
Email: dennyprawibowo@gmail.com

Leave a comment

Your email address will not be published.