Langkah-langkah Membuat Ruang Bawah Tanah Untuk Rumahmu !


Membangun ruang bawah tanah adalah strategi untuk menambahkan ruangan di lahan yang terbatas. Ruang bawah tanah bisa dijadikan ke berbagai ruang fungsional, bukan hanya sebagai garasi rumah atau parkiran kendaraan, melainkan juga untuk tempat olahraga ataupun ruangan lain yang lebih mengutamakan privasi.

Ruang bawah tanah pun bisa menjadi ide untuk membuat rumah dengan ruangan-ruangan yang lebih komplet. Namun, tentu saja kamu memerlukan beberapa tips untuk membuatnya agar menjadi ruangan yang fungsional dan nyaman ditempati.

Berikut ini, Kania punya beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat ruang bawah tanah yang ideal untuk berbagai aktivitas. Yuk, langsung saja simak langkahnya satu per satu dan temukan inspirasimu untuk membangun ruang bawah tanah melalui uraian berikut!

Batas Ketinggian Sejajar dengan Tanah Jalan

mtcopeland.com

Batas ketinggian ruang bawah tanah nggak bisa ditentukan sembarangan. Pada dasarnya, kamu mesti membuat batas tinggi ruang bawah tanah sejajar dengan tanah jalan agar pondasinya lebih kuat. Kalaupun kamu ingin ruangan yang lebih memiliki langit-langit lebih tinggi, yang bisa kamu lakukan adalah menyerok tanah lebih dalam.

Material Harus Lebih Kokoh

shutterstock.com

Sheet pile disebut-sebut sebagai material yang paling cocok untuk ruang bawah tanah. Soalnya, material dari baja dengan ketebalan lebih dari 15 sentimeter ini dijamin kokoh. Pondasi rumah untuk ruang bawah tanah seharusnya memang terbuat dari material yang lebih kokoh daripada material yang digunakan untuk membangun lantai di atasnya. Ini karena letak ruang bawah tanah pasti tertekan oleh material bangunan rumah pokok di bagian atasnya.

Sirkulasi Udara Harus Memadai

irishcustomhomes.com

Selanjutnya, kamu wajib membuat sebuah ventilasi di ruang bawah tanah. Jika memang bisa, tamabahkanlah jendela untuk memperlancar sirkulasi udara di ruangan tersebut. Namun, jika tidak memungkinkan untuk membuat jendela di ruang bawah tanah, kamu bisa memikirkan cara lain untuk mempertahankan kadar oksigen tetap memadai di ruang bawah tanah. Kalau tidak, bersiap-siaplah merasa pengap di area tersebut.

Nah, salah satu alternatif untuk memperlancar sirkulasi udara di ruang bawah tanah adalah dengan memasang exhaust fan agar udara dari luar bisa tetap masuk ke ruang bawah tanah. Simpel, bukan?

Gunakan Cat Anti Air

wobigconstruction.com

Selain masalah oksigen, masalah umum lain yang biasa dihadapi ruang bawah tanah adalah kelembapan yang berlebihan. Untuk itu, kamu perlu lebih hati-hati memilih cat dinding. Sangat disarankan untuk memakai cat anti air. Selain itu, hindari penggunaan wallpaper karena pelapis dinding yang satu ini bakal cepat rusak begitu hujan tiba dan merembesi area dinding ruang bawah tanah.

Pikirkan Penerangan Ekstra

thespruce.com

Kamu mungkin membuat ruang bawah tanah sebagai area untuk melengkapi ruangan-ruangan inti yang tidak cukup di bagian atas rumah. Tidak jarang ada ruang bawah tanah yang difungsikan sebagai kamar tidur ataupun ruang kerja.

Oleh karena itu, pikirkanlah penerangan ekstra untuk ruang bawah tanah. Kamu mungkin membutuhkan lampu dengan daya yang lebih besar untuk memaksimalkan pencahayaan di ruang bawah tanah.

dekoruma.com

Bukan hanya lampu atap atau lampu gantung, kamu mungkin juga memerlukan tambahan lampu meja untuk area-area tertentu di ruang bawah tanah. Apalagi kalau kamu menjadikannya sebagai ruang tidur atau ruang kerja. Lampu meja minimalis berbentuk bundar dengan penyangga berwarna emas di atas bisa menjadi salah satu pilihan menarik untuk menciptakan kesan minimalis dan mewah di ruang bawah tanah rumahmu.

Cocok untuk Jenis Ruangan yang Perlu Kedap Suara

pinterest.com

Sebenarnya, ruang bawah tanah pas banget dijadikan ruangan yang kedap suara. Mau membuat studio ataupun bioskop mini di rumah tanpa mengganggu tetangga? Kamu bisa menempatkan ruangan-ruangan tersebut di area ruang bawah tanah!

Ingin memiliki desain interior yang bagus dan unik ? dengan tampilan interior yang stylish dan mengagumkan? mendesain sendiri dan berkomunikasi langsung dengan desainer terbaik kami, langsung saja hubungi kami Jasa Interior dan Kontraktor Bangunan Semarang yang akan siap membantu anda.

EFRATA INTERIOR
Only Call : Denny +62 85640220094
WA : 087832133637 / 0895385546024
Email: dennyprawibowo@gmail.com

Source Article : Dekoruma