Ini Dia Tips Merancang Rumah Tinggal Sendiri


m5

Rumah tinggal adalah kebutuhan primer setiap orang. Oleh karena itu rumah memiliki fungsi yang sangat penting. Tidak heran jika setiap orang menyiapkan desain rumah tinggal secermat mungkin. Bagi mereka yang memiliki anggaran lebih, tentu menyerahkan hal tersebut pada jasa arsitek.

Namun jika Anda tidak memliki dana lebih, Anda bisa merancang desain rumah tinggal sendiri. Simak tips berikut, Jasa Kontraktor Rumah Tinggal Di Semarang.

1. Tentukan Konsep Rumah

Apakah rumah yang Anda inginkan bergaya minimalis, klasik atau bahkan tradisional. Anda juga bisa memilih corak rumah horisontal atau vertikal. Corak horisontal menimbulkan kesan kelembutan, ketenangan dan bersih. Sedangkan corak vertikal menimbulkan kesam formal dan solid.

Perhatikan pula tekstur virual rumah. Apakah Anda menginginkan tekstur virual yang harmonis, kuat atau tenang. Pilihlah sesuai dengan karakter Anda.

Anda juga bisa mencari inspirasi di internet, pilihlah salah satu rumah kemudian Anda bisa mengkreasikannya sesuai kebutuhan, anggaran, dan luas lahan yang tersedia.

2. Mendaftar Kebutuhan Ruangan

Mulailah mendaftar semua ruangan yang Anda butuhkan. Mulai teras, ruang tamu, ruang keluarga, jumlah kamar tidur, jumlah kamar mandi, dapur, dan yang lainnya.

Setelah semuanya terdaftar ukurlah ruangan apakah bisa memungkinkan semua ruangan tertampung. Bila tidak lakukan penyesuaian, bisa dengan meminimalisasi ukuran maupun penggabungan fungsi ruangan.

Untuk menghemat tempat Anda bisa menggabungkan ruang keluarga dengan ruang makan, atau ruang makan dengan dapur. Untuk tempat penyimpanan Anda bisa mendesain rak dibawah kolong tempat tidur.

3. Pencahayaan dan Sirkulasi Udara

Agar rumah menjadi hunian yang sehat dan sejuk, pastikan sirkulasi udara bisa berjalan optimal dan cahaya matahari bisa menembus ke seluruh ruangan.

Untuk memperlancar sirkulasi udara Anda bisa mendesain jendela dengan bukaan besar. Jika kawatir cahaya matahari terlalu berlebihan masuk Anda bisa menyiapkan polikarbonat atau filter kaca.

4. Membuat Sketsa

Jika Anda tidak biasa mendesain, Anda bisa menggunakan kertas strimin. Tuangkan semua kebutuhan ruang yang sudah Anda daftar beserta fiturnya dalam sketsa.

Gambarkan pula posisinya menghadap kemana, letak pintu, jendela, furnitur, dan semua kebutuhan yang sudah terdaftar.

Pastikan tata letak ruangan dan keberadaan firnitur tidak menghalangi mobilitas Anda. Sempurnakan sketsa yang Anda buat dengan gambar yang telah dilengkapi dengan skala.

Efrata Interior menyediakan layanan Jasa Kontraktor Rumah Tinggal Di Semarang untuk pekerjaan konstruksi berbagai tipe bangunan rumah tinggal, dari mulai model rumah bergaya klasik, modern, minimalis, standard, mewah.

Bagi anda yang menginginkan bangunan yang berkualitas, baik struktur maupun penyelesaian akhir (finishing) atau membutuhkan Jasa Kontraktor Rumah Tinggal Di Semarang untuk jenis struktur beton maupun baja silakan hubungi kami.

Melayani :

EFRATA INTERIOR
Telp : Denny 62- 85640220094 (WA/ SMS / Tlp)
Email: dennyprawibowo@gmail.com

Leave a comment

Your email address will not be published.