Bangunan Hunian di Bali


Hunian Bali merupakan salah satu Rumah Adat Di Indonesia yang tak lekang oleh pengaruh jaman modern begitu saja. Efrata Desain Interior dan Kontraktor Bali dalam pembahasan kali ini, akan mengkaji tentang bangunan Hunian Di Bali.

Rumah tinggal masyarakat Bali ditata sesuai dengan konsep Tri Hita Karana. Orientasi yang digunakan menggunakan pedoman-pedoman tertentu, antara lain adalah:
• Sudut utara-timur adalah tempat yang suci, digunakan sebagai tempat pemujaan, Pamerajan (sebagai pura keluarga)
• Sudut barat-selatan merupakan sudut yang terendah dalam tata-nilai rumah, merupakan arah masuk ke hunian.

Pada pintu masuk (atau biasa disebut dengan angkul-angkul) terdapat tembok yang dinamakan aling-aling. Ini tidak saja berfungsi sebagai penghalang pandangan ke arah dalam (untuk memberikan privasi), tetapi juga digunakan sebagai penolak pengaruh jahat/jelek. Angkul-angkul ini bentuk mirip seperti pagar utama di bangunan modern, sebagai pintu masuk penghubung antara luar dengan area dalam bangunan. Pada bagian ini terdapat bangunan Jineng (lumbung padi) dan paon (dapur). Berturut-turut terdapat bangunan – bangunan bale tiang sangah, bale sikepat/semanggen dan Umah meten. Tiga bangunan (bale tiang sanga, bale sikepat, bale sekenam) merupakan bangunan terbuka (tanpa tembok, dengan bangunan dasar berbentul Bale yang sering kita jumpai pada umumnya).

Ditengah-tengah hunian bangunan tradisional Bali, terdapat natah (court garden/halaman) yang merupakan pusat dari hunian.

Selain itu terdapat bangunan yg dinamakan Umah Menten. Umah Meten untuk ruang tidur kepala keluarga, atau anak gadis. Umah meten merupakan bangunan mempunyai empat buah dinding, sesuai dengan fungsinya yang memerlukan keamanan tinggi dibandingkan ruang-ruang lain (tempat barang-barang penting & berharga). Hunian tipikal pada masyarakat Bali ini, biasanya mempunyai pembatas yang berupa pagar yang mengelilingi bangunan/ruang-ruang tersebut diatas.

Berminat mendesain Rumah Di Bali??
Sedang mencari desainer interior di Bali??

Contact us:

www.efratainterior.comhttp://www.efratainterior.com

Melayani:
Desain dan Kontraktor Interior Bali
Desain dan Kontraktor Interior Jakarta
Desain dan Kontraktor Interior Surabaya
Desain dan Kontraktor Interior Semarang
Untuk info lebih lanjut, hubungi kami di:
Cp. Denny
0856 4022 0094 (WA/tlp/sms)

Free Konsultasi

Leave a comment

Your email address will not be published.