DESIGNING YOUR FUTURE

Arsitektur Kontainer Bekas Sulap Jadi Public Space


BZZ-Arquitectura-shipping-container-mall-QUO-Container-Center-Buenos-Aires-3.original

Sebagai Kontraktor Bangunan di Semarang, inovasi sangat di butuhkan. Berkreasi dengan berbagai macam model bangunan. Misalkan saja kontainer bekas, kini bangunan dari kontainer bekas di Indonesia banyak diadaptasi dari beberapa arsitektur mancanegara. Kontainer – kontainer ini disulap sedemikian rupa hingga menjadi kantor, ruang publik, dan bahkan ada yang menjadikannya sebagai tempat tinggal.

Mengapa banyak diminati? karena harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan bangunan dari bata ataupun bangunan dari kayu. Untuk kisaran harga, kontainer dengan ukuran 12,20m X 12m dihargai dengan 15-19 juta tergantung dari kondisi kontainer tersebut. Selain itu dari penggunaan kontainer bekas ini dapat membantu mengurangi limbah dan bisa menjadi cara untuk pelestarian lingkungan.

Berikut ini  5 bangunan unik yang terbuat dari kontraktor bekas atau peti kemas:

1. Bangunan Mal dari Kontainer Bekas

Setelah London dan New York, kini giliran Buenos Aires, Argentina, yang memiliki mal yang dibangun dari tumpukan kontainer. Tempat tersebut merupakan hasil rancangan BZZ Arquitectura, yang di mana mereka menumpuk 57 kontainer berwarna-warni.

kontainer4

Atap dari kontainer tersebut dilapisi dengan panel surya. Selain itu, mal ini juga memiliki konsep mixed-use dengan membuatkan restoran, kantor, rumah, serta ruang galeri yang dilengkapi kafe.

Kontainer berjumlah 57 kontainer maritim ini diselamatkan dari pelabuhan. Seluruh fasilitas mulai dari restoran sampai ruang perkantoran bahkan rumah mengisi mal tiga lantai tersebut.

kontainer5

Bangunan ini terinspirasi oleh London Container City,yang di mana mal dilengkapi dengan lubang mirip jendela kapal yang membuat interior dibanjiri cahaya.

Panel surya akan mengubah energi bebas dari matahari menjadi listrik yang akan digunakan untuk area umum dan LED. Sebagian besar kantor-kantor terletak pada lantai tiga yang berukuran 3.300 kaki persegi.

kontainer6

Namun sayang, di mal kontainer tersebut tidak memiliki toilet di dalam ruangan, pengunjung pun harus menggunakan toilet umum.

2. Perpustakaan Amin-Batu, Malang

130401_FTTAMAN-BACA-KONTAINER-BATU_03_STF4-629x419

Perpustakaan di lingkungan Jawa Timur Park, Malang. Bangunan ini terdiri atas 7 (tujuh) susun kontainer yang dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi nyaman bagi penggunjungnya. Ketujuh kontainer berbeda ukuran dan warna itu masing-masing memiliki fungsi tersendiri.

3. Hotel

3-Inovasi-Bangunan-Kontainer

Hotel D’Cabin di Bogor yang memaksimalkan 5 buah kontainer bekas yang telah disulap menjadi kamar hotel dengan Full Furnish.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Namun perlu Anda perhatikan bahwa bangunan yang terbuat dari kontainer bekas ini memiliki kekurangan dan kelebihan. Kontraktor Bangunan di Semarang akan menjelaskan berikut ini.

Kelebihan

  • Memiliki model yang cukup ringkas sehingga memudahkan Anda untuk berpindah dari lokasi satu menuju lokasi lainnya.
  • Dalam pendiriannya tidak memerlukan IMB atau Izin Mendirikan Bangunan karena bangunan tersebut bersifat sementara.
  • Untuk instalasi listrik, dan juga air tidak perlu dikhawatirkan karena sudah terpasang dan siap untuk digunakan.
  • Harga yang dimilikinya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan pembangunan rumah dengan ukuran luas yang sama.
  • tidak perlu khawatir adanya hama seperti rayap.

Kekurangan

  • Pengiriman benda yang satu ini hanya dapat dilakukan pada lokasi tertentu saja
  • Ukuran kontainer tidak dapat ditentukan sesuai dengan keinginan.
  • Jika Anda ingin membawa barang yang satu ini menuju lokasi yang memiliki jalan sempit, mungkin dapat dilakukan dengan bantuan dari knockdown, sehingga kontainer tersebut pun dapat dibawa menuju jalan yang jauh lebih sempit. Namun hal ini tentunya membutuhkan pengeluaran yang jauh lebih besar lagi.
  • Bangunan yang terbuat dari kontainer biasanya saat musim panas, akan terasa sangat panas dan saat dingin, akan sangat dingin.
  • Mudah berkarat jika tidak benar-benar dirawat.
  • Biaya yang mahal untuk banyaknya penggunaan AC.

Semoga informasi ini dapat menambah ide untuk bangunan Anda.

Segera Hubungi Kami

www.efratainterior.com

Melayani :

EFRATA INTERIOR
Telp : Denny 62- 85640220094 (WA/ SMS / Tlp)
Email: dennyprawibowo@gmail.com

Leave a comment

Your email address will not be published.