Tips dan Trik Membuat Desain Kamar Mandi yang Baik untuk Kesehatan


Sedari kecil, kita selalu diingatkan dengan pepatah bahwa bersih itu sehat. Namun, apakah pernyataan itu benar? Berbagai penyakit yang berasal dari virus dan bakteri berbahaya ternyata memang dapat menempel pada benda-benda sekitar, khususnya pada ruangan yang sering kita gunakan di rumah, seperti kamar mandi. Dilansir dari halaman The United Nations Environment Programme, kebersihan yang ada pada lingkungan bahkan juga bisa memengaruhi kesehatan mental kita, lho! 

Jadi, sebagai tempat yang selalu kita gunakan setiap hari, kamar mandi tentu menjadi salah satu ruangan yang harus kita perhatikan. Hal ini dapat dimulai dari bagaimana desain kamar mandi itu dibentuk. Jika sejak awal saja kamar mandi sudah dibentuk asal-asalan, kehidupan penghuni yang tinggal tentu dapat menjadi tidak berkualitas karena sulit menggunakan segala peralatan kamar mandi untuk membersihkan diri secara optimal.

Begitu juga sebaliknya. Bila desain kamar mandi telah sesuai dengan pertimbangan yang baik dari segi kesehatan, maka kenyamanan, keamanan, dan kebersihan, bisa kamu miliki secara maksimal. Lalu, bagaimana cara menentukan desain kamar mandi dengan tepat? Berikut Kania punya 5 trik menentukan desain kamar mandi yang baik bagi kesehatanmu!

1. Pisahkan Area Basah dan Kering

pinterest.com

Kamar mandi terdiri dari area basah dan kering. Area basah biasanya digunakan sebagai tempat untuk mandi. Sementara, area kering digunakan untuk aktivitas sanitasi seperti saat menggunakan closet atau wastafel.

Memisahkan kedua area ini dalam desain kamar mandi akan berdampak bagi kesehatan karena kamu akan lebih mudah membersihkan setiap area secara detail. Kamu juga akan lebih mudah dalam mengelola setiap peralatan kamar mandi dan menghindari penumpukan bakteri jahat pada tempat yang lembap sebab area yang mengandung air tidak tercampur dengan area yang kering. 

2. Sediakan Ventilasi

mammeaspillo.it

Udara bersih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan kecerdasan otak, hingga meningkatkan kesehatan jantung. Itulah mengapa, menerapkan ventilasi udara yang tepat pada desain kamar mandi dapat turut memengaruhi kesehatan tubuhmu. Dengan menerapkan ventilasi udara yang optimal pada desain kamar mandi kamu, udara kotor yang ada di ruangan tersebut dapat langsung tergantikan dengan udara bersih yang menyehatkan.

3. Gunakan Material Keramik

desain kamar mandi minimalis mewah
stylesatlife.com

Tahukah kamu, material keramik merupakan jenis bahan bangunan yang terbuat dari bahan alami? Jenis material ini memang sering digunakan pada desain kamar mandi karena tidak beracun dan tahan dari kelembapan air atau noda. Menggunakan material keramik pada desain kamar mandi pun akan memudahkan kamu untuk membersihkan kamar mandi setiap saat. Tanpa membutuhkan cara yang ribet, kamar mandi juga dapat lebih praktis dibersihkan hanya dengan air dan cairan pembersih kuman.

4. Maksimalkan Pencahayaan Alami

archidea.com.ua

Fakta membuktikan bahwa sinar matahari dapat memengaruhi mood kamu dalam menjalani hari. Oleh sebab itu, jika kamu menerapkan pencahayaan alami dalam desain kamar mandi, sinar matahari yang terpancar ke dalam dapat menghindarkan kamu dari stres dan meningkatkan semangat untuk beraktivitas.

Pemanfaatan cahaya alami tersebut juga bisa mengurangi penggunaan lampu yang berlebihan dan mikroorganisme serta bakteri berbahaya dapat langsung terbunuh oleh sinar matahari yang masuk. Dalam desain kamar mandi yang ingin kamu terapkan, kamu bisa menambahkan jendela sesuai dengan letak kamar mandi agar privasi dan keamanan kamu tetap terjaga.

5. Padukan Warna

desain kamar mandi warna kuning ceria
designstilno.ru

Menerapkan desain kamar mandi yang menarik dan sesuai dengan seleramu dapat memberikan aura positif yang berpengaruh pada kesehatan mental kamu. Untuk membuat kamar mandi yang lebih cerah dan meningkatkan suasana hati, kamu bisa memadukan warna untuk dinding atau peralatan yang ada di kamar mandi, mulai dari wastafel, closet, hingga rak dinding & ambalan.

Misalnya, untuk membuat desain kamar mandi bernuansa laut, kamu bisa memilih warna biru muda untuk dinding dan warna putih untuk lantainya. Bagi kamu yang tertarik menerapkan gaya Japandi yang sedang kekinian, kamu bisa mengaplikasikan warna-warna lembut dan natural seperti krem atau abu-abu yang dipadukan dengan warna putih. Sementara itu, kalau kamu mau kamar mandimu bernuansa ceria, pilihlah warna kuning atau oranye.

Di tengah kondisi pandemi yang masih terjadi hingga saat ini, tentu menjadi sangat penting untuk kamu menaruh perhatian lebih pada desain kamar mandi yang ingin diterapkan. Hal ini dikarenakan kamar mandi menjadi ruangan esensial untuk membersihkan diri sehingga desainnya harus dioptimalkan agar hidupmu pun lebih berkualitas!

Ingin memiliki desain interior yang bagus dan unik ? dengan tampilan interior yang stylish dan mengagumkan? mendesain sendiri dan berkomunikasi langsung dengan desainer terbaik kami, langsung saja hubungi kami Jasa Interior dan Kontraktor Bangunan Semarang yang akan siap membantu anda.

EFRATA INTERIOR
Only Call : Denny +62 85640220094
WA : 087832133637 / 0895385546024
Email: dennyprawibowo@gmail.com