Tips Penting Memilih Cat


Kali ini Efrata Interior, desain interior Salatiga dan kontraktor interior Salatiga akan membahas tentang pentingnya memilih cat untuk rumah Anda. Simak yuk 😉

Cat disini merupakan elemen penting dalam mempercantik tampilan rumah, terutama di saat hari raya Lebaran. Selain memperindah tampilan, cat juga memiliki fungsi untuk melindungi tembok.

Agar rumah tampil cantik dan penghuni sehat, ada empat hal yang harus dicermati dalam memilih cat:

1. Ramah Lingkungan dan Aman
Kesehatan penghuni adalah hal yang utama. Untuk itu, pilihlah cat tembok yang ramah lingkungan. Cat yang aman bagi kesehatan tidak mengandung bahan kimia timah hitam dan merkuri.

Selain itu, pilih juga cat yang berlabel free lead, low volatile organic compound. Cat yang ramah lingkungan juga tidak mengeluarkan bau yang menusuk hidung.

2. Bedakan Eksterior dan Interior
Pilihlah cat sesuai lokasi pengaplikasian. Untuk pengecatan ruang luar, pilih cat yang tahan terhadap paparan sinar matahari, hujan, dan perubahan suhu. Tujuannya agar cat tidak mengalami kerusakan seperti lapisan retak-retak dan warnanya tak mudah pudar. Sebagian produsen menyebut cat eksterior dengan namaweatherproof, weathershiled, weathercoat, dan easyshield.

Untuk cat interior, beberapa kriteria yang harus Anda perhatikan adalah kemudahan perawatan dan warna yang tahan lama. Dengan demikian, pengecatan ulang tiap tahun pun bisa diminimalkan.

3. Lapisan Antijamur
Bila rumah Anda sering terkena banjir, pilih cat yang mengandung lapisan antijamur—baik dinding eksterior maupun interior. Namun untuk area Salatiga mungkin lebih sering hujan yang nantinya akan membuat tembok lembap dan jamur bisa berkembang biak dengan cepat, salah satunya di dinding rumah. Jika tak ditangani dengan cepat, jamur bisa mengeluarkan spora yang bisa merusak lapisan cat tembok.

4. Mudah Dibersihkan
Cat yang tahan noda dan mudah dibersihkan juga pilihan tepat untuk tembok rumah.  Cat ini merupakan bentuk investasi, karena Anda tak perlu sering mengecat ulang lantaran noda coretan anak atau tanah.

Bila menginginkan hasil setengah mengilap, tahan gores dan tahan gosokkan, Anda bisa memilih cat jenis vynil silk atau pearl go. Cat jenis ini amat mudah dibersihkan cocok digunakan pada dapur, garasi, kamar mandi, atau tempat-tempat lain yang rawan kotor. Namun ingat, noda yang bisa di bersihkan bersifat waterbase.

Nah itu tadi sekilas tips dari Efrata, desain interior Salatiga  Interior mengenai pemilihan cat untuk rumah Anda , semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

www.efratainterior.com

EFRATA INTERIOR
Telp : Denny 62- 85640220094 (WA/ SMS / Tlp)
Email: dennyprawibowo@gmail.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *