Tips Hemat Membangun Rumah


Selain faktor aman dan nyaman, hal yang selalu menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli sebuah rumah adalah harga dari rumah tersebut. Pilihan untuk membangun rumah minimalis tentunya menjadi salah satu pilihan yang menarik karena bentuk rumah yang tidak terlalu besar, dan anda dapat memanfaatkan lahan kecil yang ada. Rumah minimalis saat ini memang sudah menjadi pilihan favorit sebagai tempat tinggal bagi banyak orang, bagi Anda yang memang menginginkan rumah minimalis maka Anda harus mengetahui perkiraan biaya dalam pembangunannya. Baiknya, perencanaan dilakukan jauh hari sebelum anda membangun rumah yang anda inginkan, sehingga perencanaan biaya yang dilakukan jauh lebih matang Berikut beberapa persiapan yang perlu Anda siapkan tersebut :

Menetapkan Tipe Rumah Minimalis yang Akan Dibangun

Rumah minimalis memang memiliki beberapa tipe yang tentunya tiap tipenya memiliki biaya yang berbeda dalam pembangunannya, kalau ingin tetap terlihat mewah, kamu bisa memainkan warna cat dan membuat taman atau kolam kecil di depan rumah. Selain melihat luas bangunan, anda dapat memperhitungkan biaya untuk membeli perabotan yang ada di dalamnya. Upah bagi pegawai juga harus diperhitungkan secara matang. Dikarenakan perbedaan upah yang berada dalam satu kota dan kota lainnya. Dan juga jumlah jam kerja yang digunakan.

Menghitung Satu Persatu Kebutuhan Rumah Minimalis Anda

Menentukan biaya pembangunan rumah minimalis tak sesederhana yang dibayangkandi lapangan masih banyak dijumpai kasus orang yang beranggapan bahwa biaya membangun rumah bisa ditentukan langsung. Misalnya jika luas bangunan 100 meter persegi dan harga jasa pengerjaan 2 juta per meter persegi maka total biaya adalah sebesar 200 juta. Hal-hal seperti spesifikasi bahan bangunan atau material yang digunakan, aksesori dan perlengkapan rumah yang digunakan dan lainnya.

Membuat Desain Ruang Multifungsi

jika Anda hendak membangun rumah minimalis maka sebelumnya Anda perlu terlebih dahulu membuat gambar. Selain itu rencanakan material apa yang akan digunakan. Setelah itu buatlah rincian item pekerjaan yang akan dihitung harga satuannya. Cara berikutnya agar pembangunan rumah lebih hemat biaya, yaitu dengan menjadikan ruangan multifungsi,dengan membuat desain anda bisa menentukan letak furniture yang akan di gunakan dan apa saja yang di butuhkan di setiap ruangan rumah, supaya hemat tempat dan tidak terkesan berantakan.

Siapkan Dana dan Mulailah Membangun

Anda juga perlu menyediakan dana lebih dari perhitungan awal, ini karena umumnya pembangunan rumah bisa jadi akan melebih prediksi yang ada dan cobalah mencari informasi sebanyak mungkin tentang bahan bangunan dan harganya. Lalu bandingkan antara satu toko bangunan dengan toko bangunan yang lainnya. Pilih bahan bangunan berharga murah tapi berkualitas mewah. Kalau ada diskon, jangan ragu untuk mengambilnya. Urutan perhitungan biaya rumah minimalis secara satuan atau per-item adalah sebagai berikut :

Membuat gambar rumah yang akan dibangun.

Membuat spesifikasi material atau rencana kerja dan syarat bangunan.

Membuat rincian daftar pekerjaan yang akan dilaksanakan.

Menghitung volume masing – masing item pekerjaan.

Mencari daftar harga upah dan bahan terbaru.

Menghitung analisa harga satuan setiap item pekerjaan.

Mengkalikan volume dengan analisa harga satuan.

Membuat jumlah harga secara keseluruhan.

Menambahkan angka hasil perhitungan rencana anggaran biaya bangunan dengan PPN 10% dan nilai keuntungan borongan yang akan diberikan kepada kontraktor rumah semarang

Manfaatkan Kayu Bekas

Ini bisa dilakukan untuk anda yang  ingin memanfaatkan kayu bekas menjadi  bagian dari bahan bangunan rumah anda. Kayu dari pohon tua biasanya tahan terhadap terpaan cuaca, rayap, dan panas. Otomatis, dengan kayu berkualitas tinggi, rumah yang kamu bangun pun akan berdiri kokoh dan tahan lama.

Semoga artikel di atas bermanfaat bagi anda, dan kami kontraktor rumah semarang siap membantu anda

 EFRATA INTERIOR
Telp : Denny 62- 85640220094 (WA/ SMS / Tlp)
Email: dennyprawibowo@gmail.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *