Tips Decluttering Tanpa Ribet, Dijamin Rumah Selalu Bersih


Sebagai salah satu desain yang paling populer di kalangan masyarakat dunia dan juga Indonesia, bisa dibilang desain rumah minimalis adalah sang primadona.

Bagaimana tidak, kesan classy dan sleek yang memang jadi poin kuat desain minimalis memang sedap dipandang. Nggak heran kalau desain satu ini punya tempatnya sendiri di hati pecinta desain.

Tapi apa sebetulnya desain minimalis itu? Banyak orang yang salah kaprah menyangka bahwa istilah minimalis merujuk pada ukuran mini, padahal bukan, lho.

Apa kamu salah satunya? Supaya nggak salah paham lagi, yuk simak ulasan soal desain rumah minimalis berikut!

Asal-usul istilah minimalisme

Di dunia arsitektur dan desain, minimalisme adalah kondisi di mana subjek hanya menampilkan elemen-elemen esensial dan mengutamakan fungsi dari subjek itu sendiri. Desainer asitektur minimalis berfokus pada koneksi antar elemen bangunan, pencahayaan, juga void yang tersisa pada suatu bangunan. Jadi, desain minimalis bisa saja berukuran besar.

Pada arsitektur rumah minimalis, repetisi struktur bangunan terlihat teratur, tanpa kehilangan kualitas esensial dari desain itu sendiri.

Desain minimalis itu simpel

Banyak dari rancangan desain rumah minimalis itu simpel, to-the-point, dan efisien dengan banyak space. Hal ini membuat desain minimalis memiliki denah rumah yang nggak rumit, ditambah dengan dekorasi dinding minimal tapi punya storage yang banyak.

Selain itu, desain bangunan juga mengutamakan banyak bukaan untuk sirkulasi udara dan masuknya sinar matahari.

Finishing dan pilihan warna

Kembali ke sifat utamanya yang mengutamakan fungsi, finishing pada desain minimalis pun simpel. Secara nggak langsung, hal ini membantu menonjolkan material yang dipakai. Misalnya finishing batu bata, batu alam, atau kayu.

Warna monokromatis juga sering dipakai pada gubahan desain minimalis. Yang umum ditemui adalah hue warna hitam, cokelat, atau krem.

ciri desain rumah minimalis

Bukaan dan cahaya

Nah, salah satu ciri desain minimalis yang paling kentara adalah kesan bersih yang dimiliknya. Kesan bersih sendiri bisa diperoleh dengan memperbanyak bukaan agar cahaya bisa masuk.

Ciri tipikal lainnya adalah hanya menggunakan furniture esensial dan dekorasi minim sehingga tersisa banyak ruang kosong pada hunian. Kamu juga bisa menambahkan dekor tanaman hias untuk menampilkan kesan cozy dan hangat, lho!

Pilihan material

Material yang dipakai rumah minimalis nggak boleh sembarangan. Pemilihan material dipertimbangkan dengan hati-hati supaya bisa menunjang bentuk dan tampilan. Termasuk bentuk, warna, dan tekstur.

Contohnya tekstur grainy dari material kayu yang dipadukan dengan lantai keramik, atau perpaduan material semen dan kaca.

Tertarik memiliki desain interior yang nyaman dan indah seperti ini? Anda bisa dapatkan rumah huni impian Anda . Kami menyediakan beberapa pilihan desainer interior yang bisa membantu Anda mendesain interior rumah huni sesuai kebutuhan dan keingian Anda.  Jasa desainer interior profesional dari kami siap membantu Anda dalam mendesain dan memberikan ide untuk desain interior semua project Anda. Jasa desain interior kami tersedia untuk area Jawa Tengah, Bali, Surabaya, Jakarta untuk mendapatkan konsultasi gratis dari desainer interior kami.