Tips Aman Membeli Rumah Inden


Kontraktor Bangunan Semarang – Jika anda berniat membeli rumah, coba pikirkan sekali lagi, karena membeli rumah pengeluarannya hampir sama dengan membuat ruamh sendiri dan jika anda membeli rumah pasti anda akan merenovasinya jika anda tidak suka dengan modelnya, bayangkan jika anda membangun rumah sendiri, anda pasti akan memiliki rumah idaman anda. Dengan membangun rumah impian anda, pastinya anda memiliki kepuasan tersendiri, Bagi pengembang, sistem menjual rumah dengan cara indent juga meringankan biaya konstruksi karena sebagian biaya akan ditanggung oleh konsumen. Bagi konsumen, membeli rumah indent juga memberikan keleluasaan untuk memodifikasi rumah dari floorplan dan desain yang ditawarkan pengembang.

Namun sayangnya, pembeli tidak bisa langsung menempati rumahnya. Selain itu, biasanya dalam desain brosur rumah indent dicantumkan pernyataan: “Gambar di atas adalah ilustrasi. Perubahan dan penyesuaian mungkin terjadi.” Ini artinya, Anda harus siap bila tampilan asli nanti berbeda dengan gambar yang indah.

Yang lebih parah, ada resiko proses pembangunan lebih lama dari waktu yang dijanjikan pengembang, atau bahkan pengembang melarikan diri. Tapi sebetulnya tidak perlu takut membeli rumah indent –apalagi sebagian besar perumahan memang ditawarkan indent– asal jeli dan berhati-hati.

Simak tipsnya agar Anda tidak merugi saat beli rumah yang belum jadi.

1. Pastikan reputasi pengembang

Cari developer yang punya rekam jejak bagus, terutama dalam hal pembangunan rumah inden. Jika pakai kredit pemilikan rumah (KPR), mereka harus mematuhiPeraturan Bank Indonesia No. 18/16/PBI/2016 tentang penjualan properti inden—saat ini peraturan itu yang berlaku, bisa saja ada perubahan kelak.

2. Minta Perjanjian Pra-Jual Beli (PPJB)

PPJB bisa diminta ke developer sebelum penandatanganan akta jual beli (AJB). Perjanjian ini gak memerlukan notaris. Tapi bisa juga pakai notaris agar lebih aman, asal siap dengan biaya jasanya.

Sebenarnya pakai materai saja sudah cukup. Tinggal ditambah dengan dokumen bukti-bukti pembayaran, seperti down payment, untuk memperkuat posisi kita di mata hukum.

3. Rajin kontrol ke lokasi

Jangan pernah bosan datang ke lokasi rumah untuk mengecek progres pembangunan. Cocokkan progres itu dengan janji yang dibuat developer. Misalnya pada minggu kedua semua pintu sudah terpasang, tapi ternyata belum. Tanyakan segera ke mereka dan desak untuk bekerja sesuai dengan perjanjian.

Secara umum, beli rumah inden boleh-boleh saja. Bahkan kita bisa untung beli rumah yang belum jadi itu. Beli rumah inden bisa dengan cash maupun KPR. Namun kebanyakan membelinya dengan fasilitas KPR karena memperhitungkan kondisi finansial.

Selain itu, pihak developer biasanya sudah punya program kerja sama dengan bank tertentu untuk fasilitas KPR tersebut. Tinggal kitanya yang memeriksa apakah KPR yang ditawarkan pas dengan kebutuhan, terutama soal bunganya.

Kalau gak cocok, riset saja sendiri di Internet soal KPR mana yang paling ringan. Bandingkan berbagai macam produk KPR yang ada dan pastikan untuk memilih yang paling sesuai dengan kantong.

Jangan ragu untuk menggunakan jasa kontraktor bangunan semarang rumah untuk membangun atau merenovasi rumah idaman Anda, jika anda Ingin membangun rumah yang bagus untuk rumah anda dengan tampilan yang stylish dan mengagumkan. Anda bisa berkomunikasi langsung dengan desainer terbaik kami, dan langsung saja hubungi kami Jasa Kontraktor Bangunan Semarang yang akan siap membantu anda.

 EFRATA INTERIOR
Telp : Denny 62- 85640220094 (WA/ SMS / Tlp)
Email: dennyprawibowo@gmail.com