Tempat Kerja Harus Mencakup Ruang Bekerja dan Beristirahat untuk Mendorong Inovasi


Desain Ruang Kantor Harus Mendukung Semua Bagian Otak untuk Memungkinkan Kreativitas

Tim peneliti dari Haworth bekerjasama dengan Dezeen sebagai bagian dari serangkaian artikel yang diproduksi bersama, yang membahas masalah yang akan memengaruhi desain interior kantor di masa depan. Dan melihat bagaimana tempat kerja dapat dirancang untuk meningkatkan produktivitas.

Menurut penelitian tersebut, seperti ditulis Dezeen, untuk memfasilitasi keempat tahap kognisi, sebuah kantor harus dirancang untuk mendukung ketiga jaringan saraf otak.

desain ruang kantor

Ada jaringan yang menonjol, yang memantau rangsangan eksternal dan internal dan mengatur prioritas. Ada jaringan kontrol eksekutif, yang mengembangkan gagasan baru sebagai respons terhadap fokus kerja. Dan ada jaringan default, yang membentuk wawasan kreatif saat emosi dan keterlibatan rendah.

Desain Ruang Kantor; Inovasi membutuhkan ruang untuk fokus, istirahat, dan ruang di antaranya

Desain kantor yang sempurna sangat penting untuk menentukan bagaimana sebuah tempat kerja dan semua rangsangan eksternal dapat memengaruhi cara kita berpikir dan berperilaku; termasuk kebiasaan kerja kreatif kita.

desain ruang kantor

Fokus kerja juga membutuhkan ruang yang stabil dan terkendali, dengan hambatan fisik yang memberikan perlindungan dari gangguan eksternal. Bagi mereka yang menemukan sejumlah “buzz” bermanfaat saat memusatkan perhatian, rintangan virtual di area kantor yang lebih terbuka, seperti tanda “jangan diganggu”, bisa cukup.

Cahaya alam yang melimpah dan pemandangan luar juga terbukti dapat meningkatkan fokus, seperti memiliki kontrol atas pencahayaan dan suhu.

Desain Ruang Kantor; Kebosanan bisa memiliki efek positif pada alur kerja

Masih menurut hasil penelitian Haworth, kebosanan sebenarnya bisa berpengaruh positif. Dengan menstimulasi jaringan default, ia mendorong imajinasi.

Waktu dan ruang yang mendorong relaksasi dan gangguan yang diinginkan dari pekerjaan fokus sangat diperlukan. Ini bisa berkisar dari “celah mikro”; jeda singkat yang dipusatkan saat kita melihat ke dalam jarak dan lamunan, ke “celah makro”; saat kita beralih ke ruang baru untuk mencari jeda dan restorasi individu atau grup.Ruang restorasi yang ideal tidak memiliki penghalang. Mereka bisa bersifat informal dan fleksibel dengan beragam rangsangan termasuk benda/totem untuk inspirasi. Akses visual ke alam dan alam bebas juga sangat bermanfaat.

Pekerja juga akan memerlukan akses minimal ke alat, seperti Wi-Fi, untuk menyematkan dan mengeksternalisasi gagasan dan pemikiran mereka sebelum gagasan tersebut hilang.

Desain Ruang Kantor; Ruang transisi dapat membantu pekerja memperbaiki gagasan

Irama antara fokus dan istirahat bisa sangat lambat, dengan periode yang lebih lama di setiap bagian. Tapi kinerja puncak terjadi ketika waktu transisi ini lebih cepat dan pekerja dapat dengan mudah menyerap informasi, menghasilkan gagasan, dan menyempurnakannya sekaligus.

Ruang transisi untuk mengubah mode harus memudahkan postur loitering dan bervariasi. Mereka harus memadukan kesempatan untuk fokus dengan rangsangan bervariasi yang cukup untuk mendorong penjabaran gagasan.

desain ruang kantor

 

Desain Ruang Kantor; Memfasilitasi pemikiran kelompok membutuhkan lebih dari sekadar ruang pertemuan

Selain pemikiran kreatif independen, penelitian juga menekankan pentingnya kerja kelompok. Pemikiran kelompok, yang sering dianggap sebagai brainstorming, sama pentingnya dengan sosialisasi.

desain ruang kantor

Penelitian Haworth menemukan bahwa kelompok kurang berhasil jika mereka hanya mengikuti sesi brainstorming. Sama seperti proses kreatif individu, kelompok membutuhkan ruang dan waktu untuk belajar secara kolektif, untuk mengidentifikasi pengetahuan umum di seluruh anggota, dan untuk memungkinkan hubungan antara berbagai pengetahuan.

Untuk memfasilitasi pergerakan dan melestarikan sumber daya kognitif, menavigasi tempat kerja dan ruang kerja di dalamnya harus intuitif dan mudah.

Desain ruang kantor harus mendukung budaya perusahaan yang ada agar sukses

Ruang kantor harus sedapat mungkin menangani kebutuhan karyawan melalui desain tempat kerja yang cerdas untuk mendapatkan kinerja kreatif yang optimal, budaya perusahaan sama pentingnya

Budaya kantor harus mempromosikan keterlibatan, merangkul keragaman pengetahuan dan perspektif, mengharapkan kegagalan yang sering terjadi, dan mendorong manajemen tenggat waktu yang terampil dengan pemahaman bahwa; garis waktu bertekanan tinggi dapat menghambat kreativitas.

Haworth menemukan bahwa nilai-nilai ini mungkin lebih baik difasilitasi dalam organisasi yang memiliki hierarki kurang, atau dalam lingkungan kerja bersama.

Tempat kerja organisasi mengkomunikasikan nilai dan budaya organisasi. Dengan demikian, solusi perancangan untuk budaya inovatif harus mempertimbangkan kebutuhan irama kreatif individu dan kelompok, melindungi pekerjaan fokus, dan mendorong aktivitas restoratif.

Karyawan mengalami kebahagiaan saat tempat kerja dan ruang kantor mereka menyampaikan bahwa mereka dihargai oleh organisasinya dan kapan mereka dapat fokus pada pekerjaan mereka. Bila kita bebas menciptakan dan berinovasi, hal baik terjadi pada kita semua.

Tertarik memiliki desain interior yang nyaman dan indah seperti ini? Anda bisa dapatkan rumah huni impian Anda . Kami menyediakan beberapa pilihan desainer interior yang bisa membantu Anda mendesain interior rumah huni sesuai kebutuhan dan keingian Anda.  Jasa desainer interior profesional dari kami siap membantu Anda dalam mendesain dan memberikan ide untuk desain interior semua project Anda. Jasa desain interior kami tersedia untuk area Jawa Tengah, Bali, Surabaya, Jakarta untuk mendapatkan konsultasi gratis dari desainer interior kami.