Tata Letak Rumah Untuk Kenyamanan


Desain Interior Semarang – Banyak orang berkonsultasi dengan pakar feng shui untuk tata letak rumah agar kehidupan mereka lebih harmonis, sehat dan keuangan menjadi lebih baik, Feng shui yang baik dipercaya bisa memberikan energi positif bagi penghuninya, tata letak menjadi suatu pertimbangan penting dan memiliki dampak yang cukup besar untuk membuat suasana ruang yang nyaman dan memiliki tampilan visual yang menyenangkan.

Feng shui adalah ilmu topografi kuno Tiongkok yang sudah berumur ribuan tahun, yang salah satu bagiannya adalah memelajari tentang pengaturan tata letak ruang/bangunan dan penyesuaian dengan alam sekitarnya dengan memerhitungkan manusia yang ada di dalamnya. Secara harfiah feng shui berarti “angin-air”. Feng shui juga berhubungan dengan data kelahiran, sektor baik dan sektor buruk.

Rumah memiliki banyak ruang yang harus ditata. Salah menempatkan posisi sebuah ruangan atau perabot juga bisa berpengaruh negatif. Suhu Yo mencontohkan, setiap rumah pasti memiliki pintu utama di bagian depan sebagai jalur keluar masuknya tamu. Ukuran pintu rumah harus cocok dan berbeda-beda tergantung besar kecilnya rumah. Ketika kita harus bekerja dengan ruang dengan banyak furniture, seperti ruang tamu, dapur atau kamar tidur, ada perlengkapan atau bagian-bagian yang tidak dapat disusun kembali, dan area terbuka dengan ruang untuk mengakomodasi furnitur dan elemen yang dapat disusun kembali. Menyeimbangkan antara komponen dan arus lalu lintas di sekitar membutuhkan usaha khusus untuk membuat ruang yang harmonis, sesuai dengan proporsi dan fungsi.

beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan agar ruangan rumah Anda tetap seimbang, baik antara desain dan fungsi:

Ritme dan Arus

Sebuah tata letak ruangan yang baik memungkinkan seseorang dan juga hewan peliharaan jika ada, untuk melintasi ruang secara mudah dan efisien. Sebagai titik acuan, ukuran manusia harus menjadi standar untuk menentukan berapa banyak ruang yang diperlukan di sekitar barang-barang seperti meja dapur dan lemari. Perhatikan penempatan furnitur yang tepat karena mempengaruhi ruang yang dapat digunakan. Jarak dari tepi depan sofa dengan meja harus cukup lebar untuk memungkinkan akses yang dan penggunaan yang mudah. Jarak 50 cm adalah jarak minimum, tapi kemudahan dan kenyamanan yang penting, jadi gunakan penilaian terbaik Anda.

Menciptakan Titik Fokus

Titk fokus atau focal point adalah sebuah area dimana mata akan pertama kali berhenti ketika seseorang memasuki sebuah ruangan. Titik fokus dapat berupa apa saja, entah itu sebuah jendela besar yang menyajikan pemandangan indah di luar rumah ataupun sebuah objek seni. Penempatan posisi perabotan untuk mendapatkan kelebihan dari bagian-bagian ini adalah pendekatan intuitif untuk tata letak ruangan. Dalam kamar yang lebih meriah, seni di dinding, rak fungsional, meja, atau hiasan lain dapat menjadi titik fokus. Benda atau area yang menjadi titik fokus tidak harus terletak berhadapan dengan perabotan, yang terpenting adalah letaknya harus berada dalam jarak pandang yang sama dengan area pintu masuk ruangan, sehingga ketika seorang pengguna masuk, matanya akan dengan mudah menemukan titik fokus tersebut.

Harmoni dan Proporsi

Maksud dari harmoni dan proporsi ialah keseimbangan dalam menciptakan ruangan yang nyaman. Baik keseimbangan dari banyaknya prabot maupun furniture lainnya. Tujuan semua pertimbangan praktis ini adalah untuk menciptakan sebuah kesatuan yang utuh di mana semua bagian dapat cocok dan saling melengkapi, seolah-olah merupakan satu kesatuan.

Kebanyakan tata letak ruangan adalah karya yang masih dalam proses, dapat berubah selama musim yang berbeda atau tahun yang berbeda. Aturan terbesar dan salah satu yang paling penting untuk diingat adalah bahwa menjaga ruangan mudah, nyaman dan aman untuk digunakan selalu menjadi prioritas utama. Untuk selebihnya, semakin Anda sering bermain dengan desain ruangan, semakin Anda akan belajar tentang apa yang tampak seimbang, menarik dan cocok untuk keluarga dan gaya hidup Anda.

 EFRATA INTERIOR
Telp : Denny 62- 85640220094 (WA/ SMS / Tlp)
Email: dennyprawibowo@gmail.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *