Serba-serbi Kursi Rotan yang Harus Kamu Ketahui


Furnitur berupa kursi memiliki beragam material, salah satunya adalah rotan. Rotan sendiri merupakan tanaman sejenis gulma yang menempel pada pohon induk. Material kursi rotan terdiri dari rotan alami dan sintetis atau buatan.

Jenis kursi rotan alami memiliki sifat yang sangat kuat sehingga kamu tidak perlu takut terjatuh. Sementara, kursi rotan sintetis unggul dalam desain, meskipun kekuatannya tidak seperti kursi rotan alami. Nah, pada artikel kali ini, Kami akan membahas kelebihan kursi rotan dan desainnya yang beraneka ragam. Penasaran seperti apa? Yuk, langsung saja simak ulasan di bawah ini!

Kelebihan Kursi Rotan

dua kursi rotan dengan model sederhana yang khas
rattandecor.my

Setiap hal pasti memiliki kelebihan, begitu juga dengan kursi rotan yang digunakan pada hunian. Berikut ini merupakan kelebihan kursi rotan yang harus kamu ketahui:

1. Kursi Rotan Ringan, tapi Kukuh

sebuah kursi rotan di dalam kamar tidur
potterybarn.com

Pada tempat-tempat dengan tingkat mobilitas yang tinggi, seperti hotel dan restoran, kursi rotan sering dijadikan pilihan. Hal ini karena kursi rotan memiliki bobot yang ringan sehingga mudah digeser atau dipindahkan. Meskipun demikian, kursi rotan tetap kuat dan tidak mudah rusak, terutama yang terbuat dari bahan alami.

Di samping itu, kursi rotan juga mampu memberikan sentuhan natural dan anyamannya menambah nilai estetis. Sebagai informasi tambahan, sering kali anyaman kursi rotan merupakan warisan turun-temurun dari para pengrajin rotan.

2. Kursi Rotan Ramah Lingkungan

dua kursi rotan dengan desain modern di sebuah teras
home-designing.com

Dibandingkan dengan kursi dari material kayu yang perlu menebang pohon untuk memperoleh bahan bakunya, kursi rotan lebih ramah lingkungan, lho! Hal ini karena rotan merupakan tanaman yang bisa dibudidayakan sehingga pasokan bahan bakunya akan tetap lancar tanpa merugikan atau merusak alam.

3. Kursi Rotan Gampang Dirawat

kursi rotan dan meja rotan di sebuah ruangan
pinterest.com

Tidak perlu repot untuk membersihkan kursi rotan. Hal ini karena kursi rotan memiliki sifat yang tidak menyerap air, berbeda dengan membersihkan sofa yang perlu dicuci jika terkena noda atau ketumpahan minuman. Untuk membersihkan kursi rotan, kamu hanya perlu mengelap atau mengikis kotoran yang terlanjur mengering dan menempel.

Selain itu, jika terdapat kerusakan pada anyaman kursi rotan, kamu cukup mengganti anyaman pada bagian yang rusak saja, tidak perlu seluruhnya. Namun, memang ada satu kendala dalam membersihkan kursi rotan, yaitu lubang-lubang kecil pada anyamannya yang cenderung sulit dijangkau. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa membersihkannya menggunakan sikat.

Aneka Desain Kursi Rotan

aneka kursi rotan di sebuah ruangan
nordicdesign.ca

Sifat rotan yang lentur membuat kursi rotan memiliki banyak kreasi desain. Selain itu, kursi rotan yang dibuat secara handmade ini pun memiliki bentuk anyaman yang khas sehingga memiliki karakter tersendiri yang siap memberikan keindahan pada desain interior rumah.

Nah, setelah kamu mengetahui keunggulan kursi rotan, sekarang saatnya kamu mengenal aneka ragam desain dari kursi rotan. Yuk, langsung saja intip di bawah ini!

1. Kursi Rotan Bergaya Klasik

sebuah kursi rotan panjang dengan bantal sofa dan kain biru
pinterest.com

Apakah kamu pernah melihat kursi rotan yang terlihat seperti bulu burung merak yang mekar? Itulah salah satu contoh kursi rotan dengan desain klasik. Selain relatif besar, kebanyakan kursi rotan bergaya klasik juga hampir seluruhnya ditutupi oleh anyaman rotan. Bahkan, rangka kursi pun turut dibalut anyaman rotan.

2. Kursi Rotan Bergaya Modern

dua kursi rotan modern di sebuah ruangan
homedit.com

Kursi rotan modern memiliki desain yang lebih sederhana dibandingkan dengan kursi rotan bergaya klasik. Secara ergonomis, kursi rotan modern juga terasa lebih nyaman karena bentuknya lebih fleksibel dan tidak kaku.

Pada umumnya, bagian dudukan pada kursi rotan modern tidak lagi ditutupi anyaman rotan, melainkan bantalan atau tatakan berupa busa yang empuk. Dengan demikian, siapa pun akan merasa nyaman saat mendudukinya.

3. Kursi Rotan Bergaya Kontemporer

model kursi rotan kontemporer
healthylandscapes.org

Pada dasarnya, kursi rotan bergaya kotemporer adalah kursi yang desainnya selalu up-to-date. Hal ini ditandai dengan desain yang kreatif dan minimalis serta penggunaan material yang efisien. Kursi rotan kontemporer pun bisa hadir dalam berbagai warna. Dengan sifat materialnya yang lentur serta keahlian pengrajinnya, kursi rotan bisa tampil lebih fancy.

Setelah mengetahui ragam kelebihan dan desain kursi rotan, apakah kamu tertarik untuk menggunakannya? Jika kamu memilih kursi rotan untuk melengkapi hunianmu, sebaiknya jauhkan dari paparan sinar matahari dan air hujan karena hal tersebut bisa membuat kursi rotan cepat rusak.

Ingin memiliki desain interior yang bagus dan unik ? dengan tampilan interior yang stylish dan mengagumkan? mendesain sendiri dan berkomunikasi langsung dengan desainer terbaik kami, langsung saja hubungi kami  Jasa Kontraktor Bangunan Semarang yang akan siap membantu anda.

EFRATA INTERIOR
Only Call : Denny +62 85640220094
WA : 087832133637 / 089503760000
Email: dennyprawibowo@gmail.com