Ruang Bermain untuk Anak yang Bikin Betah Main di Dalam Rumah


Memiliki seorang anak akan membuat orang tua khawatir jika anaknya bermain di luar rumah tanpa pengawasan. Atau bahkan bisa jadi bermain di luar rumah tidak terjamin aman dan kebersihannya. Untuk itu banyak orang tua yang membuat ruang bermain untuk anak di rumah. Tidak hanya sekedar ruangan dengan penuh boneka ataupun mainan, ruang bermain anak perlu didesain menarik dan juga interaktif untuk anak. Untuk itu mari simak beberapa desain ruang bermain anak dalam rumah berikut.Pencahayaan untuk ruang anak perlu diperhatikan. Ruangan yang terang akan baik untuk kesehatan mata anak. Dengan ruangan serba putih dan diberi aksen warna tosca yang tidak mencolok memberikan kesegaran pada ruang bermain ini. Dinding pada ruangan juga dibuat maju mundur sehingga tidak akan terasa monoton pada pelingkupnya.Untuk anak yang suka bergerak dan juga aktif, ruang bermain seperti desain yang satu ini akan melatih fisik anak. Aman dan berada dipengawasan orang rumah. Melatih anak menjadi pribadi yang mandiri dan juga membangkitkan jiwa petualangan anak. Tapi ingat tetap awasi dan bermain dengan anak jika terdapat wahana seperti ini di dalam rumah.

Kalau untuk desain yang satu ini pasti ruang bermain yang disukai anak perempuan. Bermain dress-up dan seolah-olah berada di panggung akan menghibur anak. Tidak hanya itu saja, ruang bermain seperti ini akan membantu anak melatih mental ketika suatu saat ia akan naik di atas panggung. Jadi tidak demam panggung dan bisa mengekspresikan dirinya deh.

Bermain rumah-rumahan tentu saja sudah jadi permainan umum untuk segala anak. Tidak sekedar rumah ukuran kecil, memiliki rumah yang seukuran dengan mereka akan meningkatkan daya imajinasi mereka. Anak-anak dapat bermain bersama temannya seakan berada di dalam rumah mereka sendiri. Ditambah lagi anak-anak memang menyukai ruang pribadi untuk mereka sendiri di dalam kamarnya.

Membuat settingan ruang membentuk suatu tempat tertentu bisa mengasyikkan dan juga menarik bagi anak. Seperti pada desain di atas. Ruangan ditata seakan seperti sebuah pasar dan juga dapur. Anak juga dapat belajar dari ruang bermain ini. Misalnya belajar berhitung dan membaca. Seluruh ruangan dibuat dengan dinding dan lantai kayu memberikan kenyamanan dan kehangatan ketika
berada di dalam ruang.
Meskipun tidak memberikan warna-warni pada ruangan, pemberian warna hitam putih dalam ruang bermain bisa dipadukan
dengan motif-motif unik. Dari karpet lantai yang didesain bergaris, pola oval pada dinding dan juga gambar siluet bangunan memberikan keunikan pada ruangan. Bahkan hingga furniture dan barang permainan lainnya dalam ruang bermain dibuat dengan warna serupa

.Selain bermain dress-up, anak perempuan juga menyukai bermain boneka dan rumah-rumahan. Bermain seakan boneka adalah teman, anak-anak sering kali menyiapkan permainan seperti masak-masakan atau upacara minum teh bersama. Maka dari itu ruangan bermain didesain dengan permintaan anak yang dapat berfungsi seperti rumah-rumahan dan juga dapat menyimpan segala bentuk boneka mereka di dalamnya.

Siapa yang tak kenal permainan lego. Menyusun balok mainan menjadi bentuk mobil, istana, dan berbagai bentuk lainnya dapat mengasah kreativitas anak. Mendesain kamar anak dengan sebuah permainan akan membuat anak lebih ceria lagi apalagi jika permainan itu adalah permainan favoritnya. Dipenuhi dengan berbagai warna, ruang bermain jadi sangat hidup dan juga seru.
Tidak hanya bermain, anak juga bisa belajar di ruangan ini. Menerapkan pembelajaran dari bentuk permainan membuat anak jadi lebih giat belajar dan juga aktif. Sehingga membuat anak belajar jadi lebih mudah dan menyenangkan. Seperti pada ruangan satu ini, salah satu dinding didesain dengan permainan scramble.

Permainan olahraga juga jadi permainan yang menyenangkan untuk anak-anak. Dengan membuat lapangan mini indoor di rumah juga bisa jadi area bermain anak. Orang tua pun bisa ikut andil dalam permainan. Tidak lupa ruangan ini dilengkapi dengan lantai yang dilapisi dengan karpet membentuk pola lapangan. Selain menyerupai lapangan, juga aman untuk anak ketika bermain.Siapa yang tidak suka dengan desain kamar yang satu ini. Dipenuhi dengan nuansa kapal, anak akan sangat aktif bermain di ruangan ini. Wallpaper pada dinding disesuaikan dengan konsep keseluruhan kamar seakan berada di sungai besar ditengah kota. Bahkan perspektif gambar di dinding pun membuat kesan itu. Tidak lupa detil kecil lainnya seperti burung yang digantung di plafon dan kapal-kapalan seukuran anak kecil. Lantai juga dihiasi dengan warna biru air dan gambar katak.Hampir serupa dengan tema kapal sebelumnya, ruangan ini juga memiliki wahana kapal-kapalan yang bisa dimasuki oleh anak-anak. Namun tidak hanya itu, ruangan dipenuhi dengan berbagai permainan lainnya. Penuh dengan nuansa warna biru, warna yang menunjang daya kreativitas dan rasa percaya diri anak.

Tertarik memiliki desain interior yang nyaman dan indah seperti ini? Anda bisa dapatkan rumah huni impian Anda . Kami menyediakan beberapa pilihan desainer interior yang bisa membantu Anda mendesain interior rumah huni sesuai kebutuhan dan keingian Anda.  Jasa desainer interior profesional dari kami siap membantu Anda dalam mendesain dan memberikan ide untuk desain interior semua project Anda. Jasa desain interior kami tersedia untuk area Jawa Tengah, Bali, Surabaya, Jakarta untuk mendapatkan konsultasi gratis dari desainer interior kami.