Menghias Kamar dengan Barang Bekas


Apa kamu merasa bosan dengan kamar kamu yang begitu-begitu saja? Atau bosan dengan suasana kamar yang ada? Kalau iya, artinya kamu perlu melakukan sesuatu untuk membuatnya jadi lebih menarik. Kamu dapat mengubahnya dengan cara menghias kamar. Dengan menghias kamar, dijamin kamu akan lebih betah berlama-lama di kamar.

Salah satu kebiasaan orang Indonesia adalah sayang membuang barang-barang lama. Alasannya juga macam-macam, mulai dari masih bisa berguna nanti hingga kenangan indah yang tersimpan dalam barang-barang itu. Jangan salah, daripada tidak terpakai dan hanya menumpuk di rumahmu, sebaiknya manfaatkan saja untuk menghias kamar. Tidak percaya barang-barang bekas dapat dijadikan ornamen untuk menghias kamar? Berikut 10 tips menghias kamar dengan barang bekas yang dapat kamu terapkan di kamarmu nantinya.

1. Ornamen Unik untuk Menghias Kamar dengan Menggunakan Botol Bekas

Menghias Kamar Botol Bekas

Menghias kamar dengan menggunakan bingkai foto atau jam dinding akan terasa membosankan dan kurang menarik untuk dipandang. Ada cara lain yang unik untuk menghias kamar yaitu dengan memanfaatkan botol kaca yang berukuran kecil.

Menghias Kamar Botol Bekas

Kamu pasti memiliki sisa botol bekas yang tidak terpakai bukan? Isi botol-botol tersebut dengan bunga atau pasir pantai dan beberapa kerang berukuran kecil yang unik agar kamarmu terlihat lebih natural dan indah.

2. Bohlam Bekas untuk Menghias Kamarmu Jadi Lebih Berwarna

Menghias Bohlam  Bekas

Bila lampu bohlam kamar kalian mati, jangan buru-buru dibuang. Mungkin bagi kalian yang biasa mengumpulkannya, lampu bohlam dapat menjadi ide menarik untuk menghias kamar kamu.

Cara kreatif menghias kamar dengan lampu bohlam mati adalah dengan melukis atau mengecat bohlam-bohlam bekas. Biarkan dirimu berkreasi dan melukis dengan bebas. Setelah itu, kamu dapat menggantungnya di langit-langit rumah atau meletakannya di meja kamar sebagai ornamen yang unik.

 

3. Kursi Vintage dari Koper dan Bedcover Tua

Menghias Kamar Kursi Koper

Masih berbicara tentang kursi, namun yang ini berbeda. Selain furnitur untuk tidur, isi kamarmu pasti tidak jauh-jauh dari berbagai produk fashion yang biasa kamu gunakan sehari-hari. Salah satunya adalah koper tua yang sudah lama nggak dipakai. Kamu bisa menghias kamar dengan koper tua untuk dijadikan sebuah kursi yang dipadukan dengan bedcover yang sudah tidak terpakai.

Menghias Kamar Sprei

Langkah menghias kamar dimulai dengan memesan empat kaki meja kepada tukang kayu atau kamu dapat menggunakan benda yang dapat dijadikan kaki kursi.

Menghias Kamar Sprei

Bedcover atau sprei yang kamu miliki dapat dijadikan bantalan kursi, sehingga kamu dapat menghias kamar secara fungsional dengan menggunakan keduanya.

4. Buat Tirai Menggunakan CD Usang untuk Menghias Kamarmu

Coba cek di gudangmu, apa kamu memiliki banyak CD yang sudah berdebu dan hanya menumpuk saja? Dari banyaknya CD yang kamu punya, kamu dapat menghias kamar dengan CD untuk diubah menjadi tirai pintu yang sangat keren! Kumpulkan CD atau DVD usang yang tidak terpakai dan lapisi tiap CD-nya dengan origami ataupun cetakan motif yang kamu suka.

Menghias Kamar Cd Bekas

Menghias kamar dengan cara ini terlalu ribet? Kalau begitu jangan tambahkan apapun. Dengan membiarkannya tanpa tambahan yang lain, lapisan CD akan memantulkan cahaya mirip dengan cahaya pelangi yang disebut interference colors.

5. Bingkai Foto Cantik Murah Meriah untuk Menghias Kamarmu

Menghias Kamar Figura

Kamu pasti sudah sering melihat berbagai bingkai foto handmade yang dibuat sebagai kreasi hiasan dinding dari berbagai barang bekas, salah satunya dengan menggunakan kardus, kan? Untuk menghias kamar dengan kardus bekas ini, kamu cuma perlu menggunting kardus tersebut menjadi bentuk batangan-batangan kecil berbagai ukuran.

Susunlah batangan kardus tersebut dan tempellah menggunakan lem. Sebagai pengganti kaca, kamu dapat mengaplikasikan mika bening. Voila! Sekarang kamu dapat menghias kamarmu dengan kolase bingkai foto cantik kreasimu sendiri yang hemat biaya.

6. Menghias Kamar dengan Menggunakan Buku Bekas

Menghias Kamar Buku Bekas

Bisa dijamin, di kamar siapapun pasti ada buku-buku yang sudah tidak terpakai lagi. Jika kamu sayang dengan buku-bukumu dan tidak ingin membuatnya untuk menghias kamar, kamu dapat menggunakan buku telepon yang tebal yang sekarang sudah jarang digunakan.

Kamu dapat menghias kamar dengan menggunakan buku untuk disulap menjadi tempat pensil yang unik. Tidak susah kok, kamu cuma perlu beberapa buku bekas dan lem yang kuat. Cabut sampulnya, kemudian lingkarkan tiap buku sampai menyerupai tabung. Terakhir, kamu tinggal menyatukan bundaran-bundaran tersebut dengan lem.

 

7. Menghias Kamar Menggunakan Kaus yang Tidak Terpakai

Menghias Kamar Kaos Bekas

Merasa dinding kamar sepi karena terlalu polos? Sulaplah kaus tidak terpakai di lemarimu untuk menghias kamar. Kamu dapat menjadikannya seperti poster. Pilihlah kaus dengan desain ataupun tulisan yang unik sebagai motifnya.

Lipatlah dengan rapi dan sebisa mungkin menonjolkan bagian desainnya yang menarik. Sebelumnya, sesuaikan ukurannya dengan pigura atau benda lain sebagai dasar dari kausmu itu. Setelah itu masukkan pigura di dalam kaus. Sekarang kamu dapat menggantungnya untuk menghias kamarmu!

8. Sprei Lama Bisa Jadi Ide Brilian untuk Menghias Kamar

Menghias kamar dapat mengubah mood kamu jadi lebih baik lagi loh, salah satunya kamu dapat menerapkan tips ini di dinding kamarmu. Selain menggunakan kaus, untuk menghias kamar kamu dapat menggunakan sprei tidak terpakai yang kamu miliki untuk disulap menjadi wallpaper di dinding kamar.

Menghias Kamar dengan Sprei

Tempelkan seluruh bagian sprei ke dinding kamarmu dengan erat dan menyeluruh untuk mendapatkan hasil yang rapi dan optimal. Kini dinding kamarmu lebih semarak dengan wallpaper bekas yang kamu miliki.

9. Menghias Kamar di Dinding dari Kaleng Bekas

Menghias Kamar Kaleng Bekas

Sebelum membuang kaleng bekas, pikirkan untuk menjadikannya sesuatu yang berguna. Sudah tahu belum, kamu dapat menghias kamar menggunakan kaleng bekas?

Sulap kaleng bekasmu menjadi ornamen-ornamen dinding maupun wadah untuk menyimpan barang. Untuk menjadikannya ornamen dinding, kamu dapat menggantung dan melapisinya dengan kain untuk membuat motif yang senada. Untuk menjadikannya tempat menyimpan barang, kamu dapat menyesuaikannya dengan seleramu. Dengan membiarkan desain dari kaleng tersebut tidak dibalut, kamu akan memiliki kesan vintage di kamarmu.

10. Menghias Kamar dengan Kursi Lipat

Mungkin kamu mempunyai kursi lipat yang tidak terpakai di gudangmu? Atau kamu akhirnya memutuskan mengganti kursi lipat di kamarmu dengan model kursi yang lebih minimalis atau modern? Jangan terburu-buru membuang atau menghibahkan kursi lipat tersebut, karena kamu dapat menyulap dinding dengan kursi lipat untuk menghias kamarmu.

Menghias Kamar Kursi Lipat

Untuk menghias dinding dengan menggunakan kursi lipat, kamu juga tidak perlu merombaknya dengan susah payah. Kamu hanya perlu menggantungnya di dinding kamarmu dengan menggunakan paku baja. Seketika, kursi lipat tersebut dapat segera berubah fungsi menjadi rak dinding yang unik.

Menghias Kamar dengan Kursi Lipat

Kamu bisa menjadikannya tempat meletakkan buku, mengantung baju di kaki-kaki kursi, dan lain-lain. Jika kamu ingin menghias kamar dan lebih berkreasi, kamu dapat mengecatnya sesuai dengan tema yang kamu punya di kamar.

Tertarik memiliki desain interior yang nyaman dan indah seperti ini? Anda bisa dapatkan rumah huni impian Anda . Kami menyediakan beberapa pilihan desainer interior yang bisa membantu Anda mendesain interior rumah huni sesuai kebutuhan dan keingian Anda.  Jasa desainer interior profesional dari kami siap membantu Anda dalam mendesain dan memberikan ide untuk desain interior semua project Anda. Jasa desain interior kami tersedia untuk area Jawa Tengah, Bali, Surabaya, Jakarta untuk mendapatkan konsultasi gratis dari desainer interior kami.