Mengapa Perlu Merenovasi?


Renovasi Rumah – Suatu hal yang sudah biasa dilakukan banyak orang jika mereka ingin melihat suasana bangunan rumah yang berbeda atau jika bangunan tersebut memang sudah waktunya untuk dilakukan pemugaran. Tetapi itu semua perlu perencanaan yang matang, karena itu semua akan berpengaruh pada fungsi dan keindahan bangunan tersebut, alih -alih anda ingin menginginkan bangunan rumah yang bagus tetapi tanpa perencanaan anda malah mendapatkan hasil yang tidak memuaskan.

Pada dasarnya melakukan renovasi adalah untuk melakukan tiga hal, yaitu;

Perubahan fungsi

Pada kondisi keluarga yang berkembang, baik dari segi usia, penambahan jumlah anggota keluarga, dan tingkat pendidikan/bidang profesi maka akan mempengaruhi terhadap kebutuhan ruang rumah tinggal. Pada rumah – rumah tradisional di Bali, rumah induk akan berkembang terus seiring dengan perkembangan anggota keluarga (anak) yang telah menikah dan berkeluarga. Rumah induk akan dibangun kamar tambahan untuk kamar tinggal pasangan keluarga baru tersebur, demikian seterusnya.

Perbaikan

Merenovasi rumah karena alasan perbaikan, dapat menyangkut hal- hal yang mendasar. Seperti misalnya; perbaikan struktur rumah (pondasi bangunan) yang kurang kokoh, sehingga harus dilakukan perbaikan mendasar. Renovasi perbaikan ini perlu ditelisik akar permasalahannya dahulu. Apabila diperlukan, maka perlu dilakukan pergantian material bangunan, bukan lagi memperbaiki.

Estetika

Karena ingin menambah citra/image rumah tinggal, penggantian cat dasar rumah yang lebih cerah, atau lebih bernuansa alam dan sebagainya. Ini termasuk renovasi yang berkaitan dengan estetika, biaya yang dibutuhkan pun tergolong besar, karena yang akan direnovasi tidak hanya warna cat bangunan, tapi juga perubahan ruang – ruang, penambahan elemen-elemen dekorasi pintu, jendela, gerbang, fasad, enting dan sebagainya.

renovasi rumah dilakukan bukan hanya semata-mata karena ingin suasana baru, melainkan juga karena alasan – alasan penting seperti berikut.

  1. Saat Terjadi Kerusakan
    Renovasi rumah dilangsungkan karena kebutuhan, seperti lantai yang mulai retak, cat dinding yang mengelupas, kanopi yang bocor, kusen yang mulai lapuk karena rayap, maka sebaiknya Anda melakukan renovasi agar Anda bisa kembali tinggal dengan nyaman dan rumah Anda menjadi terlihat rapi, bersih dan nyaman ditinggali.
  2. Saat Membutuhkan Ruang yang Lebih Luas
    Selain karena terjadi kerusakan pada rumah, renovasi juga kerap dilakukan saat sang pemilik rumah membutuhkan ruang yang lebih luas. Contohnya, seiring dengan meningkatnya anggota keluarga atau penghuni rumah, mungkin ini menjadi saat yang tepat untuk menambah jumlah kamar atau menambah lantai/ tingkat dalam rumah.  Dengan ruang gerak yang lebih luas, tentunya akan membuat Anda dan keluarga merasa lebih nyaman dan leluasa untuk tinggal di dalamnya.
  3. Saat Finansial Telah Mencukupi
    Sebelum melakukan renovasi perencanaan finansial atau budget Anda pun harus  dipikirkan matang-matang. Anda harus tahu biaya yang dibutuhkan sehingga proses renovasi dapat berjalan terarah, mendekati atau sesuai dengan anggaran yang sudah disiapkan. Tambahkan kira-kira 15 – 20% dari budget dasar anda – karena pada umumnya, proses renovasi rumah memang tidak terduga dan seringkali, memakan biaya lebih dari perkiraan awal. Apabila keuangan anda dapat menyanggupi budget, dan anda merasa ini waktu yang tepat untuk melakukan renovasi, lakukan. Jika ditunda-tunda, maka kemungkinan Anda perlu waktu yang lama untuk merenovasi rumah, karena Anda harus kembali menyediakan dana lagi sementara harga bahan baku terus melonjak. Amat disayangkan kalau uang yang dialokasikan untuk renovasi tersebut digunakan untuk hal lain yang kurang penting.
  4. Saat Ingin Menjual Rumah
    Banyak orang pun merenovasi sebelum menjual rumah demi penawaran dan meningkatkan nilai  harga jual-beli property lebih tinggi, itu adalah salah satu manfaat renovasi rumah . Pastikan dinding, lantai, plafon, dan atap rumah semua dalam kondisi baik. Jika anda merenovasi dengan tujuan meningkatkan nilai properti, anda dianjurkan untuk mempertimbangkan selera pasaran. Contohnya, hindari pemilihan warna-warna mencolok seperti merah atau oranye, maupun interior rumah yang eksentrik (bukan selera semua orang).

Jangan ragu untuk menggunakan jasa Renovasi Bangunan kami untuk membangun atau merenovasi rumah,apartemen,hotel sesuai idaman Anda, jika anda Ingin membangun rumah yang bagus untuk rumah anda dengan tampilan yang stylish dan mengagumkan. Anda bisa berkomunikasi langsung dengan desainer terbaik kami, dan langsung saja hubungi kami jasa Renovasi Bangunan yang akan siap membantu anda.

 EFRATA INTERIOR
Telp : Denny 62- 85640220094 (WA/ SMS / Tlp)
Email: dennyprawibowo@gmail.com