Mendesain Interior Kafe Agar Lebih Menarik


Bisnis kafe akhir-akhir ini memang sedang mengalami tren yang sedang meningkat. Hal ini tak lepas dari semakin banyaknya varian konsep yang diusung dalam membuka bisnis kafe yang dipadu dengan melesatnya perkembangan teknologi infomasi.

Di kawasan kota besar, maupun kota pinggiran/kecil pun sering kita jumpai berbagai kafe. Mulai dari kafe yang biasa biasa saja hingga kafe yang unik. Hal ini pula yang akan meningkatkan persaingan dalam bisnis kafe.

Siap tidak siap memang para pemilik bisnis kafe harus di hadapkan dengan kenyataan ini. Terlebih dengan hadirnya teknologi informasi, khususnya perkembangan media sosial.

8 Rahasia Mendesain Interior Kafe Agar Lebih Menarik

Sudah banyak kafe yang menggunakan media sosial sebagai ajang untuk promosi layanannya. Tidak hanya untuk promosi saja, tapi juga bisa dijadikan cara untuk meningkatkan penjualan.

Media sosial juga bisa dikatakan ampuh untuk kegiatan promosi. Selain biaya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan promosi secara offline, juga memiliki daya jangkau yang sangat luas.

Dengan media sosial juga, para pemilik kafe bisa interaksi dengan netizen, baik yang sudah pernah berkunjung ke kafe maupun menarik calon konsumen. Menarik calon konsumen tidak hanya mengAndalkan media sosial semata, tetapi juga layanan secara langsung ditempat.

Desain interior dan eksterior dari sebuah kafe juga sangat berpengaruh. Semakin sebuah kafe memiliki keunikan dari segi desain, tentu memiliki kesempatan besar untuk menarik calon konsumen. Terlebih jika kita melihat banyaknya kaula muda  yang gemar pergi ke kafe, yang tidak hanya untuk sekedar makan saja, tapi juga lebih dari itu, yakni eksis di media sosial.

Untuk itu Anda membutuhkan sebuah desain interior yang kece, unik, atau bahkan “tidak biasa”. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa diterapkan dalam bisnis kafe Anda, yang sayang jika dilewatkan:

1. Ciptakan nuansa kafe dengan warna

Warna merefleksi sesuatu. Dengan warna, maka akan berdampak pada suasana hati dari pelanggan Anda. Beberapa dari pelanggan yang datang ke sebuah kafe, cenderung tidak hanya sekedar menikmati makanan dan minuman, namun juga untuk menenangkan hati.

Pemilihan warna yang tepat untuk desain interior dan eksterior kafe, bisa membuat suasana hati atau mood pelanggan menjadi baik ketika berada di kafe Anda.

Misalnya saja, Anda mendesain interior dengan nuansa warna biru muda yang dapat menciptakan suasana tenang dan nyaman. Kemudian Anda bisa padukan dengan warna lantai yang terang dan energik, untuk menghindarkan dari rasa kebosanan dan monoton.

8 Rahasia Mendesain Interior Kafe Agar Lebih Menarik

Perpaduan lembut dan dinamis dari warna yang Anda pilih akan mampu membuat pelanggan betah berlama-lama berada di kafe, dikarena ruangan yang luas untuk melepas beban.

Jika Anda menginginkan suasana kafe yang hangat dan lebih intim, Anda bisa memberi warna coklat (warna kayu) pada dinding kafe. Semua bisa disesuaikan dengan tema dan selera yang ingin Anda terapkan.

Tak lupa juga lengkapi paduan warna tadi dengan perabotan yang mendukung, sehingga terjadi perpaduan warna ruangan yang sangat bagus.

2. Fokus pada dinding dan langit-langit

Dinding dan langit-langit adalah salah satu hal penting dalam mendekorasi sebuah kafe. Jika saat ini Anda merasa bosan dan kurang senang dengan warna tembok yang biasa-biasa saja, Anda bisa mulai menggantinya dengan wallpaper atau wallcover yang sesuai dengan tema kafe Anda.

8 Rahasia Mendesain Interior Kafe Agar Lebih Menarik

Berikan kesan ramah dengan pengaplikasian wallcover elegan dengan tekstur tertentu yang sesuai dengan selera Anda, agar para pelanggan merasa nyaman. Langit-langit kafe juga pastikan harus mendapat perhatian, karena akan mendukung tampilan tembok yang sudah Anda desain sebelumnya.

Hal ini akan semakin menguatkan pesan dan kesan apa yang ingin ditunjukkan pada para pelanggan Anda. Langit-langit kafe bisa Anda buat seolah-olah transparan atau bahkan benar-benar transparan, sehingga jika malam hari, para tamu akan bisa melihat suasana malam bertabur bintang hingga suasana  ketika turun hujan.

3. Pilih lantai yang penuh gaya

Dinding, langit-langit dan lantai memiliki perpaduan unik yang bisa Anda manfaatkan untuk semakin mempertegas keunikan kafe seperti apa yang ingin disampaikan pada pelanggan. Jika Anda tidak menginginkan lantai yang mencolok, Anda bisa coba untuk memilih warna yang netral.

8 Rahasia Mendesain Interior Kafe Agar Lebih Menarik

Kafe dengan lantai kayu lebih memberi kesan alami yang akan menambah estetika interior kafe Anda. Jika Anda memilih untuk menggunakan keramik, pastikan lantai keramik memiliki warna, bentuk atau ukiran yang serasi dengan dinding dan langit-langit  interior kafe Anda.

Hal ini dapat membuat dekorasi pada tembok dan langit-langit kafe bisa semakin terlihat dan tajam serta dapat memusatkan perhatian pada furniture yang ada di sekeliling kafe Anda.

4. Siapkan sudut atau ruangan yang unik (instagrammable)

Menyiapkan sebuah ruangan atau sudut yang unik dalam sebuah kafe, menjadi salah satu poin yang cukup penting. Misalnya saja jika Anda menginginkan sebuah kafe yang unik dengan nuansa vintage atau kuno, Anda bisa mendesain bagian sudut ruangan dengan karya atau benda hiasan kuno.

Detail desain yang seperti itu akan menambah suasana hangat dan klasik kafe Anda. Jika menginkan jenis kafe yang terbuka dan berpadu dengan alam, bisa ditambahkan dekorasi tanaman hias dan nuansa alam yang bersahabat. Konsep konsep seperti ini, bisa Anda sesuaikan dengan nuansa kafe yang diinginkan.

8 Rahasia Mendesain Interior Kafe Agar Lebih Menarik

Dengan sudut ruangan yang unik, tentu akan bisa membuat pengunjung kafe Anda betah berlama-lama di kafe, entah itu untuk ngobrol maupun berfoto. Sekaligus bisa menarik pengunjung lain untuk berfoto ria di sudut tersebut.

Karena hal ini menjadi tren terkini bagi kalangan muda untuk menunjukkan eksistensinya, yang sering kita kenal dengan instagrammable. Keuntungannya, akan menjadi langkah promosi gratis untuk kafe Anda di media sosial.

5. Pilih pencahayaan yang tepat

Lampu atau pencahayaan yang bagus, seakan membawa pengunjung Anda pada suasana baru yang lebih menenangkan. Untuk desain pada kafe, lampu yang tepat untuk digunakan adalah warna kuning atau lampu pijar.

8 Rahasia Mendesain Interior Kafe Agar Lebih Menarik

Lampu pijar yang memberi cahaya tak terlalu terang, akan memberi kesan eksotik tersendiri jika dipadu dengan lantai yang tepat setelah Anda aplikasikan sebelumnya. Jika Anda ingin menimbulkan kesan mewah, Anda bisa memilih menggunakan lampu dengan aksen kristal sederha untuk menguatkan kesan mewah di dalam interior kafe.

6. Hiasi dengan pajangan dan karya seni

Sebuah karya seni yang bagus akan membuat kafe Anda memiliki kesan dalam pelestarian seni dan budaya. Karya seni yang Anda letakkan di salah satu sudut kafe akan lebih menarik pelanggan untuk mengamati dan menikmatinya. Seni ini bisa berupa lukisan, hasil fotografi, hingga kerajinan gerabah yang bernilai tinggi.

8 Rahasia Mendesain Interior Kafe Agar Lebih Menarik

Barang-barang yang Anda pajang tersebut akan bisa mengapresiasikan bentuk kecintaan Anda pada kesenian. Hal lain yang bisa Anda pajang di kafe sebagai pelengkap atau dekorasi adalah foto-foto para pahlawan sebagai inspirasi yang akan menjadi trademark kafe Anda ke depannya.

Sehingga selain dikenal pecinta kesenian, Anda pun akan bisa dianggap menghargai jasa para pahlawan.

7. Lengkapi dengan home band

Jika Anda memilik budget yang lebih, tidak ada salahnya Anda menyiapkan kerjasama dengan sebuah home band, untuk menghibur di dalam kafe Anda. Dengan adanya jadwal tertentu yang sudah Anda siapkan sebelumnya, misalnya ketika malam minggu, maka akan bisa menghibur pengunjung yang datang ke kafe Anda.

8 Rahasia Mendesain Interior Kafe Agar Lebih Menarik

Ketika home band yang Anda siapkan mampu membuat pengunjung puas, maka akan bisa membuat mereka betah dan datang lagi

Memilih home band juga baiknya Anda sesuaikan dengan konsep kafe Anda, misalnya jika konsep kafe Anda modern, Anda bisa menggunakan lagu lagu modern yang lagi ngetren untuk dinyanyikan home band di kafe Anda. Jika konsep vintage, Anda, maka lagu yang pas, lagu tempo dulu era 2000-an, 90-an, 80-an dst nya.

8. Sediakan ruang hijau

Banyak sekali kafe yang bertebaran di daerah perkotaan yang menggunakan konsep modern yang dipadukan dengan konsep alam, untuk menambah kesan nyaman dan sejuk.

Anda bisa terapkan dengan model tanaman hias, rerumputan maupun bunga yang Anda letakkan di sudut sudut tertentu.

8 Rahasia Mendesain Interior Kafe Agar Lebih Menarik

Jika kafe Anda tidak cukup memiliki tempat yang luas, Anda bisa mengakalinya dengan menanam rerumputan di luar kafe yakni di pintu masuk. Rerumputan yang hijau akan membuat suasana menjadi sejuk dan tidak panas. Keadaan seperti itu akan membuat para tamu semakin nyaman berada di kafe Anda.

Tertarik memiliki desain interior yang nyaman dan indah seperti ini? Anda bisa dapatkan rumah huni impian Anda . Kami menyediakan beberapa pilihan desainer interior yang bisa membantu Anda mendesain interior rumah huni sesuai kebutuhan dan keingian Anda.  Jasa desainer interior profesional dari kami siap membantu Anda dalam mendesain dan memberikan ide untuk desain interior semua project Anda. Jasa desain interior kami tersedia untuk area Jawa Tengah, Bali, Surabaya, Jakarta untuk mendapatkan konsultasi gratis dari desainer interior kami.