Kota Lama Dan Kemegahan Arsitektur Eropa Di Semarang


Banyak bangunan bangunan kuno nan megah dan eksotis peninggalan kolonial Belanda di Kawasan yang biasa di sebut Kota Lama ini. Di sekitar kawasan ini terdapat kanal kanal air yang keberadaannya masih bisa disaksikan keberadaannya. Kanal kanal ini dahulu dapat dilalui oleh perahu perahu sebagai moda trasportasi. Selain keberadaan kanal kanal, juga hampir semua bangunan bangunan berdiri dengan langgam eropa di kawasan ini. Maka tak ayal, jika kawasan Kota Lama yang disebut juga the Little Nehterland ini menjadi satu obyek wisata Semarang yang populer. Kontraktor bangunan interior di Semarang.

18.Menikmati Suasana Tempoe Doeloe Di Kota Lama Semarang8

Salah satu bangunan atau landmark yang paling populer di kawasan ini adalah Gereja Blenduk. Berada di Jalan Letjen Suprapto, dahulu merupakan bagian dari jalan raya pos sepanjang 1000 km yang membentang sepanjang Anyer Panarukan.

Gereja ini nama aslinya adalah Nederlandsch Indische Kerk (Belanda) / Gereja GPIB Immanuel (Indonesia) , dibangun pada tahun 1753, meski begitu masyarakat kota Semarang selain jemaat gereja ini, kemungkinan besar tidak mengetahui nama tersebut. Orang lebih mengenal dengan sebutan Gereja Blenduk. Disebut Blenduk karena bentuk atapnya berbentuk kubah (Bhs Jawa). Bangunan ini masih digunakan sebagai tempat ibadah, namun jika pengunjung / warga selain jemaat ingin memasuki gereja ini diijinkan dengan mengisi buku tamu dan sumbangan sukarela ke kotak amal.

Di sisi gereja blenduk terdapat Taman Srigunting, sebuah taman yang di masa lalu adalah sebuah lapangan bernama parade plein, besar kemungkinan karena acap kali digunakan untuk parade militer karena tak jauh dari sana terdapat sebuah barak militer. Disekeliling taman srigunting berdiri bangunan-bangunan dengan arsitektur dan nilai sejarah yang tinggi seperti Gedung Marba, dan Gedung Jiwasraya.

marabunta-semarang

Tak kalah menarik karena menyimpan banyak cerita adalah Gedung Marabunta, di gedung ini terdapat ornamen semut raksasa di atapnya, Konon, di tempat ini pernah dilangsungkan sebuah pertunjukan seorang spionase wanita cantik bernama Matahari. Ada juga Stasiun Tawang dengan gaya arsitektur indis yang masih dioperasikan hingga sekarang. Di depannya terdapat Polder Air Tawang yang berfungsi sebagai pusat pengendali banjir dan penampungan air sebelum dialirkan ke laut. Terdapat pabrik rokok indi yang bangunannya sangat terawat dengan nuansa merah putih, Pabrik Rokok Praoe Lajar.

pr-praoe-lajar1

Sejarah area ini diawali dari penandatangan perjanjian antara VOC dengan Kerajaan Mataram pada 15 Januari 1678. Di saat itu Amangkurat II menyerahkan wilayah Semarang kepada pihak VOC sebagai wujud pembayaran karena VOC telah berhasil membantu Kerajaan Mataram menumpas pemberontakan Trunojoyo. Setelah Semarang berada di bawah kekuasaan penuh VOC, maka kawasan kota lama ini mulai dibangun.

1356479kota-lama780x390

Pembangunan Kota Lama yang pada waktu itu dikenal dengan nama de Europeeshe Buurt disesuaikan dengan konsep perancangan kota-kota di Eropa, baik secara struktur kawasan hingga dalam segi arsitektur. Lokasinya yang terpisah dengan lanskap mirip kota di Eropa serta benteng besar dan kanal yang mengelilinginya menjadikan Kota Lama seperti miniatur Belanda di Semarang. Kini, kota lama sudah semakin ramai dan bisa dijadikan favorit tempat wisata di Semarang.

 

Anda terinspirasi dari bangunan unik di atas? Atau Anda sedang ingin merancang bangunan rumah yang unik?

Kontraktor Bangunan di Semarang siap membantu Anda mencang serta melaksanakan bangunan yang Anda impikan. Segera hubungi kami..

Melayani :

EFRATA INTERIOR
Telp : Denny 62- 85640220094 (WA/ SMS / Tlp)
Email: dennyprawibowo@gmail.com

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *