Kombinasikan Warna Cat Dapur Untuk Kesan Dapur Lebih Luas


Siapa sangka cat dapur ternyata berperan penting dalam mempercantik dapur? Tak hanya itu, pemilihan kombinasi warna yang tepat dapat menciptakan ilusi ruangan yang luas untuk dapur mungil.

Selain warna cat dapur pada dinding, setiap detail dalam interior dapur termasuk kitchen set berpengaruh pada suasana ruangan secara keseluruhan. Sebagai jantung rumah, suasana dapur perlu dipastikan agar terasa nyaman bagi setiap orang yang menggunakannya.

Walaupun dapur tergolong mungil, coba salah satu kombinasi warna cat dapur berikut agar ruangan terasa jauh lebih luas dan nyaman.

Aplikasi Putih dengan Penampilan Berbeda

warna cat dapur putih dan backsplash ubin keramik putih glossy

homedit.com

Bukan rahasia lagi kalau warna putih diandalkan untuk memberikan kesan luas pada ruangan yang mungil. Sepanjang cat dapur diaplikasikan secara cermat, sesungguhnya rata-rata warna netral yang lembut selain putih pun cocok digunakan untuk dapur mungil.

Agar ruangan terkesan estetik dan luas, aplikasikan cat dapur warna putih dan manfaatkan tampilan ubin keramik putih glossy sebagai backsplash dapur. Walaupun warna putih dapat membuat dapur terlihat terlalu monoton, variasi aplikasi melalui turunan warna putih seperti putih krem atau putih gading dapat memberikan tampilan dapur yang berbeda tanpa terlihat membosankan.

Hitam Putih Serba Elegan

kitchen set minimalis modern bergaya kontemporer dengan dominasi warna cat dapur hitam

Kombinasi warna cat dapur ini boleh terbilang klasik, memanfaatkan warna hitam pada kitchen set dapur dan putih pada dinding dan countertop agar menciptakan dapur mungil dengan tema monokrom.

Walaupun dapur terbilang mungil, poin penting yang perlu diperhatikan saat mengaplikasikan kombinasi warna cat dapur ini adalah pencahayaan ruangan yang memadai dari jendela dan lighting ruangan itu sendiri. Berkat terangnya cahaya pada dapur setiap saat, warna cat dapur hitam pada kitchen set tak akan terkesan terlalu kelam sehingga ruangan terkesan lebih luas.

Sentuhan Alami Hijau & Kayu

warna cat dapur hijau dengan backsplash putih dan kitchen set kayu
thespruce.com

Ingin mendekatkan diri dengan alam? Kombinasi warna cat dapur ini dapat menjadi pilihan. Dapur mungil yang menerapkan konsep natural dapat terwujud melalui pemilihan material dan warna alam dengan kesejukan yang menenangkan.

Cukup kombinasikan kitchen set dari kayu dengan warna cat dapur hijau tua yang selaras dengan tekstur kayu. Pilih backsplash dapur dengan warna netral seperti putih dan abu-abu agar dapat menyatukan kedua elemen dapur sehingga tercipta ruangan yang terasa lebih hidup dan jauh dari kesan sesak.

Perpaduan Warna Retro

cat dapur dinding putih pada dapur konsep retro dengan pintu kuning dan kitchen set hijau
thespruce.com

Skema warna cat dapur yang memikat terletak pada pemilihan tema dapur yang tepat. Walaupun warna putih terlihat mendominasi dapur sebagai warna utama, namun aksen desain retro dalam pilihan palet warna ruangan mencuri perhatian dengan efektif.

Mulai dari kontras hijau untuk kesan vintage atau shabby chic yang hangat, aksesoris antik, hingga pintu pembatas dengan ukiran klasik, presentasi dapur yang kreatif dengan skema warna cat dapur yang tepat adalah kunci utama agar dapur mungil terlihat menarik.

Dominasi Turquoise dan Merah Menyala

warna cat dapur merah jingga dan biru turquoise pada kitchen set
idesignarch.com

Dapur mungil dijamin terlihat ceria ketika memadukan warna primer sebagai fokus utama ruangan. Contoh saja inspirasi di atas yang memadukan warna biru hijau atau turquoise pada kitchen set dan kabinet dapur dengan cat dapur merah jingga pada dinding dan perlengkapan dapur.

Jangan lupa, aplikasikan warna netral sebagai transisi antar warna primer pada area dapur lainnya. Dengan begitu, warna cat dapur secara keseluruhan akan terlihat seimbang dan harmonis, kamu pun akan lebih semangat memasak di rumah.

Kombinasi Cat Dapur Hangat & Sejuk

warna cat dapur jingga hangat pada dinding dan biru tua adem pada kitchen island
thespruce.com

Saat sulit menentukan warna cat dapur, coba perpaduan rona warna hangat (warm) dan sejuk (cool). Kontras antara kedua rona warna tersebut dapat memperjelas ilusi ruangan yang lebih luas sehingga dapur tidak terasa mungil.

Pilihan cat dapur yang hangat bisa berupa warna jingga lembut seperti pada dinding di atas ataupun warna bumi lainnya seperti terakota, kuning, atau merah. Sementara itu, pilihan cat dapur yang sejuk bisa berupa warna hijau, biru, ataupun ungu. Untuk menyeimbangkan kedua jenis warna tersebut, pilih warna netral seperti putih atau abu-abu untuk mengikatnya dengan harmonis.

Dapur Kecil Modis dengan Pastel Lembut

warna cat dapur pastel merah muda pada dinding dengan kitchen island kayu
kinfolks.com

Aksen pastel yang lembut bisa menjadi andalan ketika memilih warna cat dapur mungil. Selain sentuhan pastel pada dinding atau panel jendela, warna cat dapur yang serasi ialah dominasi putih pada furniture lainnya.

Cat dapur warna pastel merupakan pilihan yang anti-mainstream dibanding warna umum seperti putih atau abu-abu, namun ia tetap mudah dipadukan dengan material kayu muda untuk kesan dapur yang lebih asri. Selain itu, warna cat dapur pastel cocok untuk dapur mungil karena punya dasar terang agar ruangan terkesan lebih terbuka.

Tak hanya sebatas memilih warna cat dapur yang membuat ruangan terkesan lebih luas, kombinasi warna cat dapur yang dipadukan dengan tampilan perabotan ruangan dapat menjauhkan perhatian dari sempitnya ruangan dan memusatkan perhatian kepada nilai estetik dari dapur mungil.

Ingin mewujudkan rumah impianmu jadi kenyataan? Efrata Interior siap membantu! Kamu bisa menemukan perabot dan dekorasi menarik di Efrata Interior. Buat kamu yang membutuhkan furniture custom, bisa juga diwujudkan lewat Efrata Interior lho. Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budgetmu. Yuk, segera kontak tim design efrata interior!

EFRATA INTERIOR 
Denny  085640220094 (WA/ SMS / Tlp)
Email: dennyprawibowo@gmail.com