Kelebihan dan Kekurangan Apartemen


Bangunan apartemen sudah semakin umum di negara kita Indonesia.  Meski apartemen  kebanyakan berdiri di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Malang dan beberapa kota besar yang lain, ternyata masih banyak yang belum mengetahui bahwa pada umumnya apartemen mempunyai 5 gaya desain interior dasar. Pada perkembangannya memang desain tersebut berkembang lagi, tetapi 5 desain interior tersebut masih banyak digunakan oleh para desainer apartemen.  Apalagi, saat ini jasa desain interior apartemen semakin banyak sehingga semakin inovatif pula model desain yang ditawarkan.

orang juga tak hanya butuh tempat tinggal yang nyaman, namun juga dekat dengan tempat kerja dan fasilitas lainnya. Nah, perkembangan apartemen menjawab kebutuhan tersebut dengan menyediakan tempat tinggal dalam kota namun dengan pengembangan vertikal. Pengembangan vertikal memiliki nilai lebih karena dengan keterbatasan lahan, dapat menampung lebih banyak hunian. Walhasil, lebih banyak orang memiliki akses ke dalam kota. Kekurangan dan Kelebihan tinggal di apartemen

Kekurangannya

Mereka yang memilih rumah tapak sebagai tempat tinggal, memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk menanam tanaman dan merasakan unsur iklim dengan lebih banyak. Ini artinya dengan memiliki rumah tapak, kita masih bisa merasakan perasaan sentimental dengan memiliki jendela, pintu dan taman yang merupakan elemen rumah, berkaitan dengan hal-hal sederhana dalam kehidupan.

Rumah tapak unggul dibanding hunian jenis apartemen karena memiliki lahan yang dapat dikembangkan secara horizontal ataupun vertikal. Apabila memiliki lahan sisa, rumah tapak dapat dikembangkan secara horizontal, sedangkan bila lahan habis, rumah tapak masih dapat dikembangkan secara vertikal alias bertingkat.

Ini berbeda dengan apartemen yang tidak memiliki kemungkinan pengembangan. Apartemen hanya bisa dikembangkan bagian interiornya, tapi tidak bisa diperluas baik secara vertikal atau horizontal.

Sementara itu, lahan untuk membangun rumah tapak saat ini makin sedikit. Artinya, memiliki rumah tapak yang berlokasi di kota berarti kita harus membeli rumah lama dan merenovasi atau membangun baru lagi.

Tinggal di apartemen tidak sebebas tinggal di rumah, karena ada peraturan dari pengelola yang harus dipatuhi. Misalnya larangan membawa binatang peliharaan. Bagi Anda yang menyukai tanaman, Anda tidak dapat bebas menanam banyak tanaman karena tidak adanya lahan. Anda juga harus bertimbang rasa ketika akan mendengarkan musik atau kegiatan lainnya agar tidak mengganggu penghuni lainnya. Luas apartemen yang tidak terlalu besar mungkin tidak disukai bagi yang telah terbiasa tinggal di rumah dengan ukuran luas.

 

Tingkat sosialisasi penghuni apartemen sangat sedikit. Jarangnya bertemu dengan penghuni yang bersebelahan dan ruangan yang tertutup memperkecil hubungan sosialisai antar tetangga. Ditambah dengan tingkat kesibukan yang tinggi dari masing-masing penghuni, membuat keakraban dan sikap tolong menolong dalam hunian ini berkurang.

Kelebihan

Kemacetan yang umum terjadi di kota-kota besar dapat menyebabkan kelelahan saat harus pergi atau pulang dari kantor. Apartemen biasanya dibangun di lokasi-lokasi strategis, yang dekat dengan pusat bisnis atau perkantoran. Maka, dengan tinggal di apartemen yang dekat dengan tempat bekerja akan mampu mengurangi kelelahan dan stres di jalan. Anda juga dapat tiba di tempat tinggal lebih cepat sehingga waktu istirahat lebih banyak.

Fasilitas yang tersedia di apartemen juga menjadi daya tarik tersendiri. Sarana kebugaran seperti fitness center, kolam renang, jogging track, taman bermain, minimarket, restoran, cafe, dan fasilitas lainnya akan membuat penghuni apartemen tidak perlu pergi terlalu jauh untuk memenuhi kebutuhannya.

Ingin memiliki desain interior apartement anda dengan tampilan yang stylish dan mengagumkan? mendesain sendiri dan berkomunikasi langsung dengan desainer terbaik kami, langsung saja hubungi kami jasa desain interior semarang yang akan siap membantu anda.

 EFRATA INTERIOR
Telp : Denny 62- 85640220094 (WA/ SMS / Tlp)
Email: dennyprawibowo@gmail.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *