Keindahan dan Keunikan Fasad


Kontrakor bangunan – Fasad adalah suatu sisi luar (eksterior) sebuah bangunan, umumnya terutama yang dimaksud adalah bagian depan, tetapi kadang-kadang juga bagian samping dan belakang bangunan. Kata ini berasal dari bahasa perancis, yang secara harfiah berarti “depan” atau “muka”.

Dalam arsitektur, fasad bangunan sering kali adalah suatu hal yang paling penting dari sudut pandang desain, karena ia memberikan suasana bagi bagian-bagian bangunan lainnya. Terdapat banyak fasad yang memiliki nilai sejarah, sehingga peraturan-peraturan penetapan zona lokal atau undang-undang lainnya umumnya dibuat untuk sangat membatasi atau bahkan melarang pengubahan mereka.

Bagian atau spot yang akan dijadikan wajah (fasade-fasade) bisa saja dibentuk seunik mungkin, yang mana bagian ini sangatlah berbeda dari bagian-bagian yang lain. Perbedaan bisa ditegaskan dengan penggunaan material tertentu (seperti keramik, marmer atau batu alam) atau warna bisa juga menegaskan arsitektur fasade atau facade.

Pengertian fasade bangunan tidak cukup hanya sebatas tampak saja melainkan suatu tampak bangunan yang memberikan ciri khas dari suatu bangunan tertentu. Desain fasade bangunan bisa dibilang sangat penting karena akan menunjukkan seberapa bagus konsep bangunan tersebut. Bagian yang paling banyak dilihat orang adalah desain fasade, karena jika fasade bangunan tersebut cukup menarik akan membuat orang menjadi penasaran tentang desain interiornya.

Tantangan-tantangan dalam mendesain fasade bangunan tidak hanya terletak pada keindahan dan keunikannya, melainkan dari segi kualitas material finishing yang digunakan. Permasalahan yang dihadapi seorang arsitek dalam mendesain fasade antara lain sebagai berikut.

  1. Dinding luar tidak boleh rembes terkena air hujan. Banyak sekali kasus yang terjadi karena pemilihan material dinding yang kurang tepat menjadi rembes.
  2. Dinding fasade yang menggunakan finishing plester aci dan cat saja akan menimbulkan gelombang-gelombang permukaan apabila terkena sinar matahari. Bukan masalah kontraktor yang mengerjakan tidak mahir melainkan tuntutan untuk benar-benar menciptakan permukaan yang flat sempurna sangat mustahil apabila terkena sinar matahari. Para arsitek yang paham kondisi ini biasanya akan menyiasati dengan menutup cladding pada dinding luar. Cladding atau dinding panel bisa menggunakan GRC board, ACP (Aluminium Composite Panel), dan sebagainya.
  3. Arsitek juga harus paham dengan hal-hal teknis di lapangan. Misalkan menggunakan material GRC board harus diberi tali air yang cukup. Karena jika tidak ada tali air akan terjadi retak-retak seiring berjalannya waktu.

hal pertama yang perlu dilakukan ketika membuat desain fasad adalah harus menyesuaikan dengan konsep bangunan rumah yang dibuat. Jangan membuat desaiin fasad yang temanya berlainan dengan konsep desai rumah, karena fasad adalah merupakan satu kesatuan dari bangunan rumah yang utuh, tidak terpisah –pisah.

Hal lain yang juga tidak boleh dilupakan adalah angin yang masuk. Desain fasad yang baik adalah desain yang tidak menghalangi masuknya udara segar ke dalam rumah. Kecuali jika rumah tersebut berlokasi di daerah yang punya tingkat polusi yang tinggi. Maka lebih baik menggunakan desain fasad yang lebih tertutup.

Jangan ragu untuk menggunakan  kontraktor kami untuk membangun atau merenovasi rumah,apartemen,hotel sesuai idaman Anda, jika anda Ingin membangun rumah yang bagus untuk rumah anda dengan tampilan yang stylish dan mengagumkan. Anda bisa berkomunikasi langsung dengan desainer terbaik kami, dan langsung saja hubungi kami Kontraktor yang akan siap membantu anda.

 EFRATA INTERIOR
Telp : Denny 62- 85640220094 (WA/ SMS / Tlp)
Email: dennyprawibowo@gmail.com