Kegunaan Kain Linen di Beberapa Bagian Rumah. Berikan Nuansa Adem Lho!


Jika berbicara tentang jenis kain yang cocok digunakan di tengah udara panas, pasti bahan katun sering terdengar. Walaupun katun terkenal mudah menyerap keringat dengan serat yang halus, kain linen juga tidak kalah unggul dari kain katun sehingga dapat membuat orang terasa adem juga.

Dibuat menggunakan serat tumbuhan rami yang lembut, kain linen memiliki sedikit kilau dan jarang sekali menimbulkan alergi pada kulit. Dibandingkan dengan kain lainnya, kain linen memiliki serat berkualitas yang sulit terburai. Ditambah lagi, kain linen ini sangat unik karena bisa menghangatkan tubuh di tengah udara dingin dan membuat tubuh merasa adem di tengah udara panas.

Keunggulan dan keunikan yang dimiliki kain linen ini juga membuatnya layak digunakan pada rumah tropis, terutama di Indonesia. Inilah lima kegunaan kain linen di hunian yang perlu kamu coba.

1. Pelapis perlengkapan kamar tidur

kain linen sebagai sarung bantal dan sarung bedcover ungu

heals.com

Semua perlengkapan kamar tidur seperti bantal, guling, dan kasur, perlu diberi kain pelapis supaya tidak mudah kotor dan kulit terasa nyaman saat menggunakannya. Nah, kain linen ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk melapisi segala perlengkapan tidurmu karena seratnya yang sangat lembut.

Seprai kain linen pun tidak akan mudah rusak meski kamu sering berganti posisi tidur. Apabila digunakan untuk sarung bantal, maka kesehatan kulit wajah dan rambut akan terjaga. Asalkan kamu tidak lupa untuk menggantinya dengan rutin supaya debu tidak menumpuk dan menyebabkan iritasi pada kulit.

2. Selimut membawa kehangatan

selimut abu-abu dari kain linen

velvetvalley.com

Sudah nyaman dalam balutan selimut sambil menonton TV dan menikmati kudapan, tak sengaja makanan yang tumpah menimbulkan noda pada selimut. Salah satu alasan mengapa kain linen cocok digunakan sebagai selimut adalah sifatnya yang tidak mudah menyerap noda. Tinggal cuci saja seperti biasa dan nodanya akan hilang.

Selain itu, kain linen mampu menahan udara dingin sehingga suhu tubuhmu tetap terjaga tanpa membuatmu merasa gerah. Tidak dingin, tidak panas, badan pun selalu adem dan nyaman!

3. Kain linen untuk handuk mandi

handuk dari kain linen warna biru dan putih di kursi kayu

houseofbalticlinen.com

Kain linen dikenal memiliki serat yang tebal dan kuat. Hal ini menjadikannya sangat awet meski terkena gesekan berkali-kali.

Daya serap airnya juga cukup tinggi, namun cepat kering dengan cara diangin-anginkan saja. Kriteria kain linen ini membuatnya cocok digunakan sebagai handuk mandi yang sering terkena air dan harus kering sebelum digunakan kembali pada jadwal mandi berikutnya.

kain linen sebagai handuk mandi warna cokelat muda dan putih

houseofbalticlinen.com

Kain linen yang mudah kering ini akan membuat bakteri dan jamur ogah bersarang. Bagi kamu yang memiliki bayi, disarankan untuk menggunakan handuk dari bahan linen ini.

4. Tirai atau gorden jendela

tirai warna-warni dari kain linen

thecompanystore.com

Matahari yang bersinar terik menjadi salah satu faktor penyebab hunian terasa panas. Menyalakan AC memang membuat hunian terasa lebih dingin secara instan, namun tidak hemat energi listrik ataupun ramah lingkungan. Sebagai gantinya, gunakan tirai yang dibuat dari kain linen.

Kain linen memiliki sifat penyerap panas sehingga panasnya sinar matahari bisa diredam sebelum masuk menyinari bagian dalam hunian. Agar efeknya bisa kamu rasakan, pilihlah tirai linen berwarna cerah.

5. Kain linen untuk karpet

kain linen sebagai karpet dengan rumbai di bawah kursi anyaman

moodntone.com

Kain linen juga bisa digunakan sebagai karpet hunian. Bahannya yang lembut dan sejuk akan membuat telapak kaki terasa adem saat berjalan di dalam hunian. Tampilannya pun akan membuat interior terlihat lebih estetik. Kamu cukup menyesuaikan motif karpet dengan gaya interior hunian.

Ingin mewujudkan rumah impianmu jadi kenyataan? Efrata Interior siap membantu! Kamu bisa menemukan perabot dan dekorasi menarik di Efrata Interior. Buat kamu yang membutuhkan furniture custom, bisa juga diwujudkan lewat Efrata Interior lho. Harga transparan dan bisa disesuaikan dengan budgetmu. Yuk, segera kontak tim design efrata interior!

EFRATA INTERIOR 
Denny  085640220094 (WA/ SMS / Tlp)
Email: dennyprawibowo@gmail.com