Inspirasi Desain Rumah Kampung dengan Aneka Model


Rumah kampung sangat erat hubungannya dengan suasana alam yang asri karena lokasinya jauh dari perkotaan yang cenderung sibuk dan sudah tercemar polusi udara. Selain asri, biasanya rumah kampung juga identik dengan model rumah yang sangat sederhana. Oleh karena itu, rumah kampung sering dipandang sebelah mata oleh sebagian orang.

Namun sebenarnya, ada banyak model rumah kampung dengan desain yang menawan, lho! Penasaran seperti apa saja? Berikut ini Kania sudah menyiapkan inspirasinya untukmu, langsung saja simak bersama, yuk!

1. Model Rumah Kampung yang Panjang

rumah kampung tampak samping
shutterstock.com

Meskipun sederhana, biasanya rumah kampung memiliki model yang panjang atau lebar, seperti inspirasi yang satu ini. Bangunan rumah kampung ini berada di tengah-tengah lahan hijau yang cukup luas sehingga terlihat menjadi pusat perhatian, apalagi didominasi oleh warna putih dan cokelat yang cerah.

Karena modelnya yang panjang, rumah kampung ini memiliki dua pintu dan beberapa jendela di bagian depannya. Selain itu, kamu juga bisa meletakkan aneka furnitur, seperti kursi dan meja kopi di sepanjang terasnya untuk bersantai sambil menikmati suasana alam yang menenangkan.

2. Model Rumah Kampung Kayu

rumah kampung warna kuning
shutterstock.com

Semua orang yang melihat rumah kampung ini pasti akan pangling, termasuk kamu juga, ‘kan? Ya, eksterior rumah kampung ini dibangun dengan menggunakan susunan kayu secara melintang. Selain itu, keberadaan jendela pada setiap sisi rumah kampung ini juga membuatnya terlihat sangat manis. Tak lupa, perpaduan warna cokelat dari kayu dengan warna hijau dari tumbuhan di halamannya membuat rumah kampung ini tampak sangat alami. Wah, sepertinya tinggal di rumah kampung ini seru banget, ya?

3. Model Rumah Kampung Serba Putih

rumah kampung serba putih
shutterstock.com

Suka warna putih? Kalau begitu model rumah kampung yang serba putih ini sangat cocok untukmu. Tak hanya fasad rumahnya saja, bagian pagar depannya pun dilapisi cat warna putih. Namun, kalau kamu ingin mengaplikasikan warna serba putih pada rumah kampung ini, tetap perkirakan hasil akhirnya, ya agar tidak monoton atau berlebihan!

Untuk mengatasinya, kamu bisa memberikan sedikit sentuhan warna-warna kontras yang netral, seperti merah bata. Kamu juga bisa menambahkan aneka tanaman hias dengan warna yang beragam di bagian depan rumah kampung ini. Dengan demikian, tampilannya jadi makin cantik dan menawan, deh!

4. Model Rumah Kampung Modern

rumah kampung abu-abu
shutterstock.com

Siapa bilang orang-orang di kampung itu ketinggalan zaman alias kuno? Nyatanya, saat ini sebagian orang yang tinggal di kampung adalah orang-orang modern yang mungkin pernah tinggal di daerah perkotaan. Hal ini membuat mereka terinspirasi untuk membangun rumah kampung dengan desain yang modern, seperti model rumah kampung di atas.

Model rumah kampung modern ini sudah menggunakan material kaca secara full pada bagian jendelanya sehingga terlihat seperti model rumah minimalis yang banyak di perkotaan. Selain itu, kesan modern pada rumah kampung ini juga ditonjolkan melalui bagian atapnya yang berwarna abu-abu. Tak lupa, ada berbagai dekorasi di bagian terasnya, seperti bunga gantung, kursi panjang, dan tanaman di dalam pot. Uniknya, rumah kampung modern ini dibangun tanpa meninggalkan model sederhana yang menjadi ciri khas rumah kampung.

5. Model Rumah Kampung Panggung

rumah kampung panggung
shutterstock.com

Rumah kampung yang satu ini bisa dikategorikan sebagai rumah mungil karena ukurannya yang memang kecil. Namun, meskipun kecil rumah kampung ini tampak sangat unik berkat modelnya yang mengusung konsep rumah panggung, seperti beberapa rumah adat yang ada di Nusantara. Untuk masuk ke dalam rumah kampung ini, kamu harus melewati tangga mini yang ada di sampingnya. Keberadaan tangganya yang ada di samping ini bertujuan agar rumah kampung lebih efisien dan hemat tempat.

Selain modelnya, rumah kampung ini makin terlihat menawan karena balutan warna hijau dan putih di bagian eksteriornya. Walaupun rumah kampung ini memiliki warna yang sama dengan background halaman di belakangnya, tapi rumah kampung ini tidak terlihat monoton, malahan terkesan lebih hidup karena memiliki dua turunan warna hijau yang berbeda. Tertarik tinggal di rumah kampung panggung ini?

6. Model Rumah Kampung dengan Halaman Luas

rumah kampung oranye
shutterstock.com

Model rumah kampung yang terakhir ini memiliki lahan yang sangat luas sehingga selain rumahnya berukuran besar, ada juga halaman yang cukup lapang. Nah, halaman rumah kampung ini ditutupi oleh rumput hijau yang terlihat sangat segar. Tak lupa, ada juga beberapa pohon dan tumbuhan lainnya yang turut mengelilingi rumah kampung tersebut sehingga suasananya jadi makin asri.

Desain rumah kampungnya sendiri dibalut dengan warna cokelat muda dan dilengkapi oleh banyak bukaan jendela berwarna putih. Perpaduan kedua warna tersebut dengan warna hijau dari halamannya membuat rumah kampung ini tampak sangat memukau. Orang-orang yang melewati rumah kampung ini pasti terpesona dengan keindahannya.

Setelah melihat inspirasi di atas, apakah kamu jadi tertarik untuk tinggal di rumah kampung? Rumah kampung memang layak dipertimbangkan karena selain punya beragam model, suasana lingkungannya pun sangat asri dan sehat. Semoga model rumah kampung di atas bisa menginspirasimu, ya!

Ingin memiliki desain interior yang bagus dan unik ? dengan tampilan interior yang stylish dan mengagumkan? mendesain sendiri dan berkomunikasi langsung dengan desainer terbaik kami, langsung saja hubungi kami  Jasa Kontraktor Bangunan Semarang yang akan siap membantu anda.

EFRATA INTERIOR
Only Call : Denny +62 85640220094
WA : 087832133637 / 089503760000
Email: dennyprawibowo@gmail.com