Desain Untuk Hunian Bergaya Tropis


Jasa Kontraktor Bangunan Semarang– Banyak hal yang harus di persiapkan Ketika anda menetap di negara tropis seperti  Indonesia, salah satunya mengantisipasi cuaca dan iklam di negara tropis yang cenderung panas sepanjang tahunnya. Tentunya Anda tak ingin menggunakan AC sepanjang hari sepanjang tahun kan? selain itu rumah tropis juga harus bisa memberikan pandangan yang luas terhadap lingkungan asri di sekitarnya.

Oleh karena itu pencahayaan dan pemandangan juga termasuk dalam faktor yang harus diperhitungkan, rumah modern tropis mengandalkan cahaya matahari berlimpah sebagai penerangan dalam rumahnya. Maka tak heran jika rumah modern tropis tampil dengan kaca-kaca transparan besar setinggi plafon. Tak hanya itu, kaca transparan ini juga memperbolehkan pemandangan outdoor ikut dapat dinikmati dari dalam rumah. Rumah jadi tampil asri, nyaman, dan sejuk. Inilah tujuan utama desain arsitektur rumah modern tropis diciptakan. Model rumah tropis adalah rumah dengan menggunakan bahan dasar atau bahan baku yang berasal dari alam yaitu seperti batu, kayu, bambu, tanah, daun dan semacamnya. Selain itu desain interior dan eksterior bangunan juga menganut konsep naturally atau selaras dengan alam. Contohnya seperti ada taman kecil di halaman depan, ada pohon, desain interior dengan kayu dan lain sebagainya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membangun rumah bergaya tropis, sebagai berikut :

  • Langit-langit Tinggi
    sebaiknya langit-langit rumah tak perlu menggunakan plafon atau eternit, jika anda tetap ingin memasang plafon, sebaiknya jarak atap rumah yang tinggi, posisi atap seperti ini dapat membuat sirkulasi udara di rumah menjadi lebih baik sehingga suhu dalam ruangan akan terasa lebih sejuk, meskipun tidak menggunakan AC.
  • Kipas Angin Lebih Rendah
    ada cara yang tepat untuk meletakkan kipas angin di rumah tropis, yaitu sedikit menjorok ke bawah, kurang lebih 1,5-2 meter dari atap, bukan menempel pada langit-langit. Rasakan perbedaannya, pasti ruangan Anda menjadi lebih sejuk.
  • Jendela Tinggi dan Lebar
    agar suhu panas di dalam ruangan dapat keluar dan berganti dengan suhu dingin dari luar, buatlah jendela setingi dan selebar mungkin. Selain membantu udara menjadi lebih sejuk, cahaya matahari dari luar pun akan masuk sehingga rumah menjadi lebih sehat dan terhindar dari jamur yang sering tumbuh di tempat lembap, anda bisa menggunakan tirai bambu untuk mengurangi intensitas cahaya matahari saat sedang terik-teriknya.
  • Atap Lebih Panjang
    Panjang atap rumah yang sedikit lebih panjang ketimbang sisi rumah dapat meminimalisasi jumlah cahaya matahari yang masuk, selain itu, atap yang lebih panjang ini membuat air saat hujan tidak masuk ke dalam rumah meskipun anda memiliki jendela yang tinggi dan lebar.
  • Tanaman Hijau
    Dengan jumlah oksigen yang banyak, tentu rumah akan menjadi lebih sejuk. Jika Anda tak memiliki taman di luar, Anda dapat membuat taman gantung, ataupun memilih tanaman yang cocok untuk diletakkan di dalam ruangan

Ingin memiliki desain hunian dengan gaya  tropis yang bagus dan unik untuk anda? dengan tampilan interior yang stylish dan mengagumkan? mendesain sendiri dan berkomunikasi langsung dengan desainer terbaik kami, langsung saja hubungi kami  Jasa Kontraktor Bangunan Semarang  yang akan siap membantu anda.

 EFRATA INTERIOR
Telp : Denny 62- 85640220094 (WA/ SMS / Tlp)
Email: dennyprawibowo@gmail.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *