Buat Hiasan Gantungan Kunci Seperti ini Beri Kesan Rumah Unik Loh!


Kunci merupakan salah satu benda yang paling sering sulit dicari karena terselip. Pasalnya, ukuran kunci tergolong mungil, padahal kunci sangat dibutuhkan untuk membuka lemari, gembok, dan pintu hunian. Sudah meletakkannya di rak gantung atau wadah tertentu, tapi masih sulit mencarinya? Atau kamu pernah bingung menentukan mana yang kunci gembok atau lemari? Kalau begitu, kamu butuh gantungan kunci yang berfungsi sebagai penanda dan supaya lebih mudah diambil saat dibutuhkan.

Kunci merupakan salah satu benda yang paling sering sulit dicari karena terselip. Pasalnya, ukuran kunci tergolong mungil, padahal kunci sangat dibutuhkan untuk membuka lemari, gembok, dan pintu hunian. Sudah meletakkannya di rak gantung atau wadah tertentu, tapi masih sulit mencarinya? Atau kamu pernah bingung menentukan mana yang kunci gembok atau lemari? Kalau begitu, kamu butuh gantungan kunci yang berfungsi sebagai penanda dan supaya lebih mudah diambil saat dibutuhkan.

Tak perlu membeli, kamu bisa membuat gantungan kunci sendiri di rumah. Membuat gantungan kunci sendiri itu mudah dan murah. Ditambah lagi, desainnya akan sangat unik daripada gantungan kunci yang dibuat pada umumnya. Peralatan dasar yang dibutuhkan adalah kait gantungan, gunting, tang kecil, dan tentunya material gantungan kunci yang diinginkan. Nah, Kania ingin membagikan beberapa contoh inspirasi gantungan kunci yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Yuk, intip di bawah ini!

Gantungan kunci dari perler beads

gantungan kunci terbuat dari perler beads dengan beragam karakter hewan
 dailymotion.com

Apakah kamu masih ingat dengan perler beads yang dimainkan saat kecil? Bentuknya seperti silinder kecil dengan lubang di tengahnya dan memiliki aneka warna. Perler beads ini perlu disusun di atas sebuah wadah khusus sehingga membentuk gambar karakter sesuai keinginanmu.

gantungan kunci gambar unicorn dari perler beads
colormadehappy.com

Sebelum memasangkannya pada kait gantungan kunci, kamu perlu menggunakan setrika untuk membuat perler beads menempel satu sama lain. Saat menyeterika, lapisi perler beads dengan kain. Setelah itu, keluarkan perler beads dari wadahnya dan jadi deh gantungan kunci yang menggemaskan.

Gantungan kunci dari kayu

gantungan kunci huruf terbuat dari kayu
coplusk.net

Punya keahlian memotong kayu? Kalau begitu, mulailah mengumpulkan potongan kayu yang tersisa di rumah. Desain yang pertama adalah huruf inisial nama. Untuk membuat desain yang unik, lapisi permukaannya dengan cat putih, kemudian gambarkan motif yang diinginkan dengan cat warna kesukaanmu. Siapkan kait gantungan dengan mur kecil untuk dipasangkan pada huruf-huruf kayu tadi.

dua-buah-gantungan-kunci-gambar-rumah-terbuat-dari-kayu
minikunst.com

Selain itu, kamu juga bisa memotong kayu menjadi gantungan kunci bentuk rumah, mobil, atau lemari untuk membedakan kunci. Untuk menjadikannya gantungan kunci, beri lubang kecil pada bagian ujung, kemudian kaitkan tali dan ring stainless.

Gantungan kunci ala makrame

gantungan kunci rajut warna krem dengan peralatan di sekitarnya
craftingonthefly.com

Kerajinan tangan makrame tidak hanya untuk dekorasi rumah saja. Kamu juga bisa menerapkan kerajinan makrame pada gantungan kunci. Pada umumnya, ukurannya mungil sehingga kamu hanya membutuhkan sedikit benang atau tali. Jika sudah terbiasa, pengerjaannya hanya membutuhkan waktu yang singkat.

Kait yang pas untuk model gantungan kunci kerajinan ini adalah yang kaitnya memanjang. Ikatlah kerajinan makrame secara langsung pada kait tersebut. Pastikan kamu memilih tali makrame yang paling pas dan sesuai dengan seleramu, ya!

Simpul tali untuk menghias gantungan kunci

gantungan kunci simpul tali warna kelabu
pinterest.com

Siapa sangka simpul tali yang sederhana bisa tampil cantik untuk gantungan kunci? Material yang dibutuhkan pun sangat sederhana, yaitu ring gantungan kunci, tali satin, dan aneka bandul yang bervariasi. Pertama-tama, siapkan seutas tali, kemudian ikatkan pada ring dan buatlah simpul sederhana. Setelah itu gunakan tang untuk mengaitkan bandul pada simpul tali tersebut agar lebih cantik.

Aneka gantungan kunci dari pita

gantungan kunci terbuat dari macam-macam pita
ribbons.com

Tidak semua orang pandai menjahit atau membentuk pita menjadi suatu objek. Oleh karena itu, Kami akan memberikan ide gantungan kunci dari pita yang sangat mudah. Siapkanlah lima pita dengan warna dan motif yang berbeda-beda. Jika ada pita renda, gunakan juga untuk memberikan tampilan manis pada gantungan kunci. Potonglah pita tersebut dalam ukuran yang sama, kemudian selipkan semua pita tadi ke lubang ring gantungan kunci hingga sama panjang di sisi kanan dan kiri. Setelah itu, ikatlah dengan benang supaya pita tidak terlepas.

gantugan-kunci-yang-terbuat-dari-pita-dengan-berbagai-motif-di-atas-permukaan-kayu
katiekdiy.com

Untuk model lainnya, kamu bisa membuat gantungan kunci dari pita seperti gambar di atas. Model gantungan kunci ini lebih sederhana dibandingkan yang sebelumnya. Untuk membuatnya, kamu hanya membutuhkan sehelai pita dan satu clasp atau penjepit pita. Setelah kedua bahan terkumpul, lipat kedua ujung pita dan jepit menggunakan clasp, lalu kaitkan ke ring gantungan kunci.

Gantungan kunci dari kain felt

tiga buah gantungan kunci gambar donat terbuat dari kain felt
katiekdiy.com

Jika kamu memiliki keahlian menjahit, buat saja gantungan kunci menggunakan kain felt. Teknik menjahit yang dibutuhkan adalah tusuk feston. Kamu bisa membuat gantungan kunci ini menjadi berbagai macam bentuk sesuai selera.

Pada gambar di atas, betuk gantungan kunci kain felt ini adalah kue donat. Hiasan meses di atas permukaan donat dibuat dari benang warna-warni. Jangan lupa mengisi bagian dalam donat dengan dakron supaya semakin mirip donat sungguhan, ya!

Gantungan kunci buatanmu akan menjadikan kunci lebih mudah ditemukan dan dibedakan. Jika ingin membuatnya sebagai hadiah untuk teman atau keluarga juga boleh, lho! Dijamin orang yang menerimanya akan sangat mengapresiasi gantungan kunci tersebut. Selamat berkreasi!

Ingin memiliki desain interior hotel yang bagus dan unik ? dengan tampilan interior yang stylish dan mengagumkan? mendesain sendiri dan berkomunikasi langsung dengan desainer terbaik kami, langsung saja hubungi kami  Jasa Kontraktor Bangunan Semarang yang akan siap membantu anda.

EFRATA INTERIOR
Telp : Denny +62 85640220094 (WA/ SMS / Tlp)
Email: dennyprawibowo@gmail.com