Bangunan Bersejarah di Semarang


Jasa Arsitek Semarang – Berwisata dan bersenang-senang, sudah terlalu sering kita lakukan. Nah, agaknya kamu harus menggeser ide wisatamu. Wisata sembari belajar sejarah!

Ini ide bagus buat kamu yang ingin membuat keluarga kita melek akan sejarah bangsa ini. Biasanya wisata sejarah berada diseputar bangunan bersejarah, juga museum tentang tokoh dan peristiwa sejarah.

Ada banyak bangunan bersejarah dari arsitek terkenal yang bisa kita lihat keindahannya,Sebanyak sembilan bangunan tua yang berada di Semarang dan sekitarnya saat ini statusnya telah menjadi milik negara. Hal itu dikarenakan ke sembilan bangunan tua itu tak berpenghuni dan juga tidak diketahui pemiliknya.

LAWANG SEWU

 Lawang Sewu atau dalam bahasa Indonesia Pintu Seribu adalah Gedung megah yang dibangun di Era penjajahan Belanda.Yang sekarang ini menjadi salah satu Obyek Wisata kota Semarang. Lawang Sewu merupakan sebuah bangunan kuno peninggalan jaman belanda yang dibangun pada 1904. Semula gedung ini untuk kantor pusat perusahaan kereta api (trem) penjajah Belanda atau Nederlandsch Indishe Spoorweg Naatschappij (NIS). Gedung tiga lantai bergaya art deco (1850-1940) ini karya arsitek Belanda ternama, Prof Jacob F Klinkhamer dan BJ Queendag. Lawang Sewu terletak di sisi timur Tugu Muda Semarang, atau di sudut jalan Pandanaran dan jalan Pemuda. Disebut Lawang Sewu (Seribu Pintu), ini dikarenakan bangunan tersebut memiliki pintu yang sangat banyak. Kenyataannya, pintu yang ada tidak sampai seribu. Bangunan ini memiliki banyak jendela tinggi dan lebar, sehingga masyarakat sering menganggapnya sebagai pintu.

GEDUNG JIWASRAYA 

Kantor yang saat ini ditempati oleh PT. Jiwasraya Semarang merupakan bekas gedung Nederlandsch Indische Leven Sverzeking De Lifrente Maatschaapij (NILLMI) yang dibangun dengan arsiteknya bernama Thomas Karsten (arsitek beberapa bangunan di Kota Lama dan Candi Baru) pada tahun 1916-an. Gedung ini juga pernah digunakan sebagai kantor Balaikota Semarang pada masa pemerintahan Hindia Belanda.

Gedung Jiwasraya berada di Jalan Letjend. Suprapto 23-25 Semarang 50121. Di depan gedung ini (sebelah utara), terdapat Gereja Blenduk  dan Taman Srigunting yang merupakan satu kesatuan-kawasan dengan gedung ini, yakni kantor pemerintahan, tempat peribadatan, dan alun-alun kota.

Gedung Jiwasraya ini memiliki ciri arsitektur kolonial yang sangat khas dengan adanya kubah kecil di tengah atap bangunan. Bangunan berupa simetris dengan pintu masuk berada di tengahnya. Jika dilihat seksama, gedung Jiwasraya bukan menghadap ke arah jalan raya, melainkan serong menghadap Gereja Blenduk dan Taman Srigunting . Hal ini dilakukan untuk mendapat kesan bahwa bangunan ini (dulunya Balaikota) mengawasi kedua bangunan tersebut (Gereja dan taman). Lahan di depan gedung Jiwasraya terdapat sebuah taman kecil untuk mengurangi kesan keras pada lanskap di sekililing. dan masih banyak lagi bangunan bersejarah dengan gaya arsitektur yang megah.

 

Jika anda ingin membangun rumah atau bangunan komersil dan membutuhkan arsitek, hubungi kami jasa arsitek semarang. Keuntungan menyewa jasa arsitek semarang adalah Anda akan sanangat terbantu untuk hasil yang lebih baik, dan memperhitungkan rab rumah dengan lebih tepat. Pekerjaan mereka akan di mulai dari memperhitungkan luas tanah bangunan yang kemudian akan di sesuaikan menurut keinginan konsumen.

Hubungi kami Jasa Arsitek Semarang  yang akan siap membantu anda.

 EFRATA INTERIOR
Telp : Denny 62- 85640220094 (WA/ SMS / Tlp)
Email: dennyprawibowo@gmail.com