5 Ide Menata Ruangan dengan Sofa Sudut


Acara kumpul keluarga akan terasa semakin lengkap saat seluruh anggota keluarga, tanpa ada satu pun yang tertinggal, berkumpul menghabiskan quality time bersama. Sofa sudut menjadi furnitur andalan yang digunakan untuk mengakomodasi kebutuhan alas duduk di acara seperti ini.

Selain memiliki kapasitas duduk yang maksimal, desain sofa sudut yang membentuk siku membuatnya fleksibel untuk ditempatkan di dalam ruangan. Sofa sudut dapat mengikuti bentuk dan ukuran ruangan yang bervariasi, apakah itu ruangan yang simetris atau asimetris maupun ruangan luas atau mungil.

Sofa sudut putih di ruang keluarga

Dalam penataannya, sofa sudut dapat ditempatkan sesuai namanya – di sudut menempel dinding, di salah satu sisi ruangan membentuk sebuah section, atau di antara dua ruangan yang memiliki fungsi yang berbeda. Seperti apa sih penataan ruang keluarga dengan sofa sudut, simak 5 idenya berikut ini!

Sofa sudut pada ruang keluarga dengan sekat terbuka

Sofa sudut di ruang keluarga setengah terbuka

Pada ruang keluarga yang didesain setengah terbuka ini sofa sudut berwarna putih berhasil memaksimalkan ruang yang tesedia di dalam bidang sekat. Meski desainnya amat minimalis dan polos, ragam motif cushion dan tekstur kayu yang mengelilinginya menjadikan sofa sudut ini tampil dinamis.

Penempatan sofa sudut pada interior ruang keluarga setengah terbuka ini memberikan keleluasaan pandangan yang lebih sehingga suasana santai lebih mudah terbangun, tanpa menghilangkan kesan intimate yang sebenarnya diperlukan.

Sofa sudut ditempatkan di tengah ruangan

Sofa sudut di tengah ruangan

Peletakkan sofa sudut seperti ini cocok diterapkan pada rumah atau apartemen yang memiliki konsep layout tata ruang terbuka. Terutama pada rumah-rumah yang dibuat mengikuti standar pengembang di mana ruang tamu, ruang makan, dan dapur dibuat menyatu dalam satu ruangan.

Sofa sudut yang diletakkan di tengah ruangan berfungsi memisahkan area-area yang memiliki fungsi yang berbeda. Pada ruang tamu ini misalnya, sofa sudut berperan sebagai sekat ruangan yang membagi ruang tamu dengan ruang makan dan dapur. Karena fungsi inilah sofa sudut juga dikenal dengan sebutan sectional sofa.

Sofa sudut mengisi dua dinding yang saling berhadapan