Peran Penting Pondasi untuk Bangunan


Jasa Kontraktor Bangunan Semarang – Salah satu penanda sejarah selain buku adalah bangunan. Sebab bangunan bisa menjadi saksi bisu atau bukti nyata peristiwa memilukan yang menimpa masyarakat di daerah tertentu. Keberadaan bangunan ini bisa jadi penanda sekaligus pengingat bahwa kejadian atau musibah seharusnya tak terulang kembali. Ada sejumlah bangunan di dunia yang masih berdiri kokoh meski diterjang bencana atau dibombardir bom nuklir.

Pondasi memegang peranan amat penting dalam arsitektur bangunan rumah. Pondasi rumah ibarat kaki yang meyangga seluruh komponen tubuh di atasnya. Semegah dan seindah apapun rumah dibangun, jika tidak disokong oleh pondasi yang kokoh belum tentu dapat bertahan dalam hitungan tahun, bahkan sangat berbahaya jika tertimpa gempa.

Dalam rangka membuat pondasi rumah atau bangunan yang kuat tentu diperlukan adanya ketepatan perencanaan. Apabila tidak tepat dalam perencanaan pondasi akan mengakibatkan ketidak-mampuan pondasi dalam menahan beban rumah atau bangunan lainnya. Sehingga akan beresiko bangunan akan amblas, retak, dan kemungkinan buruk lainnya yang akan merugikan pemilik bangunan. Agar dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka anda perlu memperhatikan cara-cara dalam membuat pondasi rumah yang kuat.

Berikut point-point yang harus diperhatikan agar pondasi bangunan anda menjadi kuat :

Pondasi dan Kondisi Tanah

Selain melakukan hal-hal di atas, kita juga harus memperhatikan beberapa hal lain, yakni kondisi tanah yang akan kita pakai untuk mendirikan bangunan. Dengan mengecek kondisi tanah, maka kita pun bisa memilih jenis pondasi apa yang sekiranya sesuai dengan bangunan rumah yang akan kita dirikan.

Jenis Pondasi untuk Rumah Tinggal

Sebenarnya, seperti apakah pondasi rumah yang cukup kuat untuk digunakan sebagai tempat tinggal? Dalam ilmu sipil, kita akan mengenal dua jenis pondasi yang umum / paling banyak dipakai untuk rumah tinggal 2 lantai, yakni pondasi batu kali dan pondasi footplat.


  • Pondasi batu kali
    kerap kali digunakan dalam bangunan yang hanya memakai satu lantai saja. Biasanya, kedalaman pondasi hanya berkisar antara 60 hingga 80 cm saja. Fungsi dari pondasi ini hanyalah untuk menopang pemasangan bata dan beban struktur bangunan di atasnya yang tidak terlalu berat mengingat hanya berupa bangunan satu lantai.

  • Pondasi footplat
    lebih sering digunakan dalam bangunan rumah dengan dua lantai. Berbeda dengan pondasi batu kali, pondasi ini terbuat dari struktur beton bertulang dengan kedalaman sekitar 130 cm hingga 2 meter. Namun, kita akan lebih sering menemukan pondasi ini dengan kedalaman 150 cm. Pondasi ini mampu menahan beban struktur bangunan di atas yang cukup berat, yang merupakan bangunan dua lantai.

 

Pondasi yang baik dan kokoh dapat memberikan jaminan bangunan rumah yang kokoh dan baik pula. Pembuatan pondasi rumah yang tepat guna juga akan memberikan keamanan dan kualitas jaminan mutu yang baik. Bila membangun pondasi asal jadi tanpa perhitungan akan menimbulkan resiko kerusakan dan membahayakan diri.

Ingin memiliki bangunan yang kokoh? dengan tampilan interior yang stylish dan mengagumkan? mendesain sendiri dan berkomunikasi langsung dengan desainer terbaik kami, langsung saja hubungi kami  Jasa Kontraktor Bangunan Semarang  yang akan siap membantu anda.

 EFRATA INTERIOR
Telp : Denny 62- 85640220094 (WA/ SMS / Tlp)
Email: dennyprawibowo@gmail.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *